Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA SKKNI Sebarkan :

KEPALA BPSDMP KOMINFO MANADO: PENGEMBANGAN SDM MERUPAKAN PRIORITAS UTAMA PEMERINTAH

21-10-2019 oleh BPSDMP Kominfo Manado gambar

Polewali Mandar (21/10/2019). Bupati Polewali Mandar yang diwakili oleh staf ahli bidang Hukum dan Politik, DR. Sarja, SH., MH, menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Polewali Mandar menyambut baik pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Bidang Informatika berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang diadakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo, yang dilaksanakan dari tanggal 21 – 25 Oktober 2019 di hotel Ratih Polewali Mandar, kegiatan ini diikuti oleh alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang TIK yang berjumlah 75 orang. Sarja mengatakan bahwa kegiatan ini tentunya sangat berarti bagi upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kompetensi angkatan kerjanya dan berharap dengan adanya kegiatan ini, peluang penyerapan tenaga kerja TIK semakin besar, dan berharap dimasa medatang kuota peserta dapat ditingkatkan.

Sementara itu kepala BPSDMP Kominfo Manado, Christiany Juditha, S.Sos, MA, menyampaikan bahwa program pengembangan SDM merupakan salah program prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo yang termaktub dalam Nawacita. Dalam rangka mewujudkan visi-misi pemerintah tersebut, BPSDMP Kominfo Manado Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo melaksanakan SKKNI ini. Menurut Juditha Sulawesi Barat Mendapat 2 kesempatan pelaksanaan SKKNI yakni di Kabupaten Majene dan Polewali Mandar, pelaksanaan kegiatan SKKNI di Kabupaten Majene yang dilaksanakan minggu lalu mendapat apresiasi yang positif dengan tingkat kelulusan sebanyak 85%, tingginya tingkat kelulusan di Kabupaten Majene diharapkan membawa motivasi tersendiri bagi peserta di Kabupaten Polewali Mandar sehingga diharapkan tingkat capaian kelulusan di Kabupaten Polewali lebih tinggi dari kabupaten Majene.

Dalam pelaksanaan SKKNI kali ini juga hadir sebagai narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Polewali Mandar yang diwakili oleh Kabid Teknologi Informasi dan Persandian, Ir. Baharuddin, M.Si, dan Perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang diwakili oleh Kabid Tenaga Kerja, Indra Jaya, S.Pd., M.AP. Dalam paparannya, Baharuddin menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Polewali Mandar membutuhkan SDM Bidang TIK yang berkualitas dalam rangka menopang pelaksanaan Sistem pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), selain itu Dinas Kominfo juga diberi tanggung jawab dalam pengembangan aplikasi pemerintah disetiap OPD sehingga diharapkan lulusan SKKNI bidang TIK bisa mengabdikan diri dan berkontribusi dalam pengembangan aplikasi tersebut.

Sementara itu Indra Jaya menyampaikan bahwa tingkat pengangguran di Polewali Mandar didominasi oleh lulusan SMK, sehingga melalui kegiatan ini memberi peluang yang lebih besar kepada para lulusan SMK yang ada di Polewali Mandar untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya sehingga peluang untuk dapat diterima di dunia kerja/industri semakin terbuka lebar. (*A)

Dalam paparannya, Kabid Dinas Tenaga Kerja juga menyampaikan bahwa Program pengembangan SDM merupakan salah satu prioritas utama dari Bupati Polewali Mandar yang dituangkan dalam RPJMD 2018 – 2024.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyematan Name Tag oleh Staf Ahli bidang Hukum dan Politik kabupaten Majene bersama Kepala BPSDMP Kominfo Manado kepada para peserta dan kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan pemberian materi bahan ajar oleh instruktur kepada peserta SKKNI dalam tiga kelas masing-masing dengan jurusan, Junior Web Programmer, Junior Network Administrator/Network Technician dan Junior Imaging/Junior digital artist.


Label: polewali mandar, bpsdmp kominfo manado, tik, skkni
Jumlah pengunjung: 332

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat