Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Konsinyering Monitoring dan Evaluasi

17-11-2016 oleh Noviyana Maulidiya

Ciputat - Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik (Puslitbang Aptika dan IKP), Rabu (16/11) menyelenggarakan kegiatan Konsinyering Monitoring dan Evaluasi. Acara ini dibuka oleh Kapuslitbang Aptika dan IKP, Wiryanta, dan dihadiri oleh pejabat eselon III, IV, para peneliti dan calon peneliti, beserta staf dilingkungan Puslitbang Aptika dan IKP. Kegiatan ini bertujuan untuk menyempurnakan penyusunan LAKIP dan LAPTAH.

S.Ariefianto menyarankan ketika melakukan penetapan judul, sebaiknya para peneliti dan stakeholder duduk bersama untuk membicarakan program. “Saat diputuskan program apa saja yang akan dilakukan, perencanaan risetnya harus matang, jadi kita (peneliti) bisa mempelajari sebelumnya. Hasil riset kita digunakan oleh lembaga yang kita tuju, namun masih ada gap, antara supply dan demand masih suka meleset. Sebaiknya para peneliti dan stakeholder duduk bersama membicarakan rencana program,” ujar Peneliti Puslitbang Aptika dan IKP tersebut.

Sedangkan Tulus Subardjono menyarankan adanya pembidangan / spesialisasi. “Sebaiknya para peneliti disiapkan untuk menjadi ahli dalam bidang IKP dan dalam bidang Aptika. Jadi kita memiliki data dan teori yang mengikuti perkembangan sehingga kita menjadi ahli dibidangnya,” ujar peneliti Puslitbang Aptika dan IKP tersebut.

Ia jga menyarankan supaya peneliti dilibatkan dalam kegiatan, mulai dari perencanaan sampai operasional.

Sementara Agus Haryono, Kabid Informasi Komunikasi Publik, Puslitbang Aptika dan IKP menjelaskan mengenai proses akreditasi Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian Pengembangan (KNAPPP). “Sampai saat ini KNAPPP Puslitbang Aptika dan IKP masih dalam proses perbaikan. Rencananya kita akan mengundang narasumber dari sekertariat lembaga KNAPPP untuk me-review yang telah kita kerjakan. Harapannya bulan Desember KNAPPP kita sudah bisa dikirim. Harapan untuk jangka panjang KNAPPP Puslitbang Aptika dan IKP sudah terakreditasi.” (NM)


Label: dan evaluasi, monitoring, konsinyering, puslitbang aptika dan ikp
Jumlah pengunjung: 876

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat