Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Konsinyering Reviu Renstra Badan Litbang SDM 2015 – 2019

30-08-2015 oleh Admin Balitbang
Nomor Registrasi Konten: 19-77


konsinyering renstra

Bandung, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Rabu sampai dengan Jumat, 26 – 28 Agustus 2015 di Savoy Homan Hotel Bandung melaksanakan Konsinyering Reviu Renstra yang dihadiri oleh 86 orang staf di lingkungan Kementerian Kominfo bai20150903020028k itu dari pusat, daerah, Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan seluruh Kepala Bagian di lingkungan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo.

Ibu Sekretaris Badan Litbang SDM menyampaikan laporan dengan adanya kegiatan ini bertujuan untuk melakukan reviu atas rencana strategis 2015 – 2019, serta sosialisasi harta kekayaan aparatur sipil negara.

Kepala Balitbang-KominfoKegiatan dilanjutkan dengan pembekalan dan pengarahan dari Bapak Kepala Badan Litbang SDM beserta Bapak Ashwin Sasongko. Kegiatan pada sesi ini dimoderatori oleh Ibu Fadhilah Mathar selaku Kepala Bagian Program dan Laporan Badan Litbang SDM. Materi yang dipaparkan dalam pengarahan dan pembekalan dari Bapak Kepala Badan Litbang SDM terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu: Rencana Induk Penelitian 2016 – 2019, dan Rencana Induk Pengembangan SDM 2016 – 2019.

Beberapa hal yang dipaparkan terkait dengan Rencana Induk Penelitian diantaranya Orientasi Penelitian Badan Litbang SDM: azas manfaat publik, antisipatif, alert (early warning), tertib kaidah dan etika, Jenis dan Konteks Penelitian, Kebijakan Bidang TI dan Komunikasi, Service Based ICT, Fokus Pembangunan Bidang Kominfo 2015 – 2019, dan Penelitian sebagai Rujukan Pembuatan Kebijakan. Sementara itu, materi terkait dengan Rencana Induk Pengembangan SDM 2016 – 2019 adalah pada Arah Pengembangan SDM, baik itu pada peningkatan kapasitas maupun pada produktivitas SDM.

Materi selanjutnya pengarahan dan pembekalan dari Bapak Ashwin Sasongko yang berupa masukan untuk kegiatan di Badan Litbang SDM, dimana Research DSC_0033(pengembangan IPTEK dan Non IPTEK), Development, Engineering, dan Production harus disesuaikan dengan tupoksi institusi.

Pada sesi berikutnya pemaparan disampaikan oleh Ibu Kepala Biro Perencanaan Kementerian Kominfo serta mengenai RPJMN 2015 – 2019 yang disampaikan oleh Ba20150903012521pak Direktur Politik dan Komunikasi, Kementerian PPN/ Bappenas. Moderator diskusi pada sesi ini adalah Ibu Haryati (Puslitbang APTIKA IKP, Badan Litbang SDM Kemkominfo).

Pada paparannya, Ibu Kepala Biro Perencanaan Kemkominfo menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah Program Utama Kementerian Kominfo berdasarkan nawacita dan agenda pembangunan nasional yang memberikan manfaat signifikan bagi rakyat dan negara, yaitu fokus pada penanganan masalah broadband. Tantangan dan potensi: Tingginya kesenjangan digitalsiasi (masih banyak zona yang less information technology), fokus pembangunan daerah perbatasan, belum terjangkaunya jaringan infrastruktur, Nusantara Internet Exchange, Efisiensi Industri, Cyber Security Government, Digitalisasi. Strategi: government public relation, revolusi mental, konektivitas broadband nasional, broadband infrastructure including, efisiensi industri, single emergency number, penataan registrasi prabayar, registrasi IMEI, cyber security governance, e-commerce, e-government, Domain Name System (DNS).

DSC_0037

Beberapa program Badan Litbang SDM yang disampaikan Ibu Kepala Biro Perencanaan menyampaikan Peneliti muda diharapkan lebih meneliti one step ahead dibandingkan dengan satuan kerja yang lain untuk kemudian dikoordinasikan dengan satuan kerja lain yang berkaitan. Target dari 20 penelitian, 30% harus menjadi rekomendasi menteri (Peraturan Menteri). Fokus terhadap digitalisasi, terkait frekuensi, infrastruktur pengajar, peluang usaha bagi penyedia jasa konten

Paparan berikutnya adalah dari Direktur Politik dan Komunikasi, Kementerian PPN/ Bappenas mengenai RPJMN 2015 – 2019 Peraturan Presiden No.2 Tahun 2015. Pada sesi ini, salah satu hal yang dipaparkan adalah mengenai Rekomendasi Isu-isu Bidang Kominfo (Kajian Strategis) yang terdiri dari: Konglomerasi dan hegemoni media dampak terhadap kualitas layanan infrastruktur, Efektifitas pelaksanaan UU terkait Kominfo(Penyiaran, ICT, Keterbukaan Informasi Publik), Kajian strategis pengembangan unggul dan komitmen membangun bangsa.

DSC_0034Pada sesi selanjutnya, Sosialisasi SE Menteri PAN RB No.1 Tahun 2015 tentang LHK-ASN yang disampaikan oleh Ibu Titi Saraswati dan Ibu Ummu selaku perwakilan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi. Moderator diskusi pada sesi ini adalah Bapak Ahlan Muntarno selaku Kepala Bagian Kepegawaian, Badan Litbang SDM. Beberapa hal yang menjadi pembahasan dalam Sosialisasi SE Menteri PAN RB No.1 Tahun 2015 ini adalah sebagai Latar Belakang lahirnya Surat Edaran tentang LHK-ASN, Dasar Hukum sebelum terbentuknya SE Menteri PAN RB No.1 Tahun 2015, Definisi Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN), dan Langkah Implementasi.

DSC_0039Kegiatan hari kedua Kamis, 27 Agustus 2015 dibuka oleh Ibu Kepala Bagian Program dan Laporan, Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo. Dihadiri oleh 55 orang peserta yang terdiri dari para Kepala Balai/Pusat, pengelola program dari pusat, daerah, dan juga Unit Pelaksana Teknis (UPT). Agenda kegiatan pada hari kedua ini adalah penyusunan Rencana Induk Penelitian dan Pengembangan SDM masing-masing satuan kerja.

Kegiatan konsinyering selesai pada Kamis, 27 Agustus 2015 tepat pukul 12.30 WIB dengan ditutup oleh Ibu Kepala Bagian Program Perencanaan dan Laporan Badan Litbang SDM. Pada penutupannya, disampaikan bahwa usulan-usulan dari balai dan satuan kerja lainnya terutama terkait pengembangan SDM dapat disampaikan secara tertulis sehingga bisa membantu Sekretariat Badan Litbang melakukan pemetaan SDM.


Label: renstra, 2015-2019, badan litbang sdm, kominfo, penelitian, pengembangan sdm
Jumlah pengunjung: 114 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat