Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

KEGIATAN KEPALA BADAN LITBANG SDM KOMINFO Sebarkan :

Mengikuti TalenTalks Events: Aga Kareba "Makin Jago Digital Makin Cepat Hilirisasi Ekonomi Digital" di Makassar

18-06-2021 oleh Zuhud An Nuriyyah
Nomor Registrasi Konten: 46-821


TalenTalks Aga Kareba

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar acara TalenTalks Events: Aga Kareba mengusung tema "Makin Jago Digital Makin Cepat Hilirisasi Ekonomi Digital." Acara digelar di Hotel Swiss-Bell Losari, Kota Makassar pada Jumat 18 Juni 2021, dipandu Tenaga Ahli Menteri Kominfo, Latifah Al Ansori.

Acara tersebut menghadirkan narasumber yakni Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto dan Kepala Kanwil Dirjen Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Parjiya. Selain itu, juga turut hadir Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Kominfo, Hedi M. Idris; Plt. Kepala Balai Besar PSDMP Kominfo Makassar, Junaedi; Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Denny Hidayat; dan peserta pelatihan VSGA, DEA dari Makassar, Medan, dan Banjarmasin.

Lewat acara ini, Kementerian Kominfo mengkampanyekan Program Digital Talent Scholarship (DTS) yang didesain dalam rangka menciptakan ekosistem seimbang guna memaksimalkan peran pemerintah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media (pentahelix) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital. Dalam sambutannya, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto menilai terdapat dua sektor yang bisa mengangkat ekonomi Indonesia, khususnya di masa pandemi saat ini yaitu lewat UMKM digital dan Pariwisata yang juga dikemas dalam digital.

“Yang bisa mengangkat ekonomi Indonesia adalah digital terutama digital UMKM. Yang kedua adalah pariwisata, tapi pariwisata pun dikemas dalam digital. Jadi hanya dua sektor ini yang bisa mengangkat ekonomi digital Indonesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya sudah menjadi tugas Kementerian Kominfo untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki talenta digital.

“Inilah tugas dari Kementerian Kominfo yaitu mempersiapkan kebutuhan SDM talenta digital. Kata talenta adalah skill, jadi bukan hanya sekadar sadar atau memahami tapi bisa menjadi ahli. Makanya jargon kami Jagoan Digital,” tuturnya.

Sementara saat mengisi Talkshow ‘TalenTalks Aga Kareba’, Hary Budiarto mengungkapkan bahwa Program DTS sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Program ini sesuai arahan Presiden Jokowi bagaimana Indonesia harus masuk ke transformasi digital. Ada lima arahan yang harus dilaksanakan untuk hilirisasi ekonomi digital di Indonesia dan Kementerian Kominfo menyiapkan program akselerasi,” ungkapnya.

Menurut Hary Budiarto, mulai Juni sampai Desember 2021, Kementerian Kominfo menargetkan bisa melatih komunitas digital, masyarakat profesional dan petugas pelayanan publik pemerintah dalam akselerasi untuk mendukung hilirisasi ekonomi digital.

Sebagai Penutup Kepala Badan Litbang SDM Kominfo menyampaikan “Target kita di setiap kota bisa melatih 6.500 ibu rumah tangga, pegiat Karang Taruna dan masyarakat umum. Kemudian 3.000 orang alumni perguruan tinggi dan profesional untuk up dan re-skilling. Dan 500 pimpinan ASN beserta perangkat pemerintah,” jelasnya. (SM)


Label: talentalks, sdm, mengikuti, makin, makassar, litbang, kepala, kareba, jago, hilirisasi, events, ekonomi, digital, di, cepat, badan, aga
Jumlah pengunjung: 467 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat