Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP Sebarkan :

Meningkatkan Kompetensi Melalui Pelatihan Artificial Intelligence (AI) Chatbot

31-05-2021 oleh Emyana Ruth
Nomor Registrasi Konten: 44-795


Awards Finale AI Chatbot

Di akhir pelatihan AI Chatbot yang dilaksanakan dalam Program Digital Talent Scholarship Kominfo bersama Terra AI, Sabtu tanggal 29 Mei 2021 diadakan awards untuk memilih karya prototype chatbot terbaik dari para peserta. Dalam kompetisi ini sebanyak 480 peserta tersaring menjadi 100 bot terpilih di tahap 1, kemudian di tahap 2 sebanyak 50 bot terpilih. Akhirnya di tahap 3 terpilih sebanyak 13 bot yang masuk menjadi nominasi. Mereka menampilkan program AI chatbot yang dengan tema yang beragam. Nominasi yang lolos dalam kompetisi ini antara lain Manika, SallyOCDBot, AmiraBot, Game CPNS, Seroja, Felix, SEZONE Bot, Real U Game Bot, Travel Bot Indonesia, SABI, KabarSiber, Sienta Asisten Marketing Jastip.

Kegiatan Awards Finale AI Chatbot dilakukan secara daring melalui Zoom meeting (dok.BLSDM)

Bertindak sebagai juri dalam kompetisi tersebut antara lain Dr. Hary Budiarto, M.Kom., selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM; Arnold Doray, sebagai CEO Terra AI, serta I Wayan Wisnu Anantawijaya, seorang praktisi Data Analyst.

Juri yang menilai dalam Awards Finale AI Chatbot (dok.BLSDM)

Akhirnya terpilih 5 tim terbaik dalam kompetisi ini yaitu di urutan ke 5 adalah Amirabot, chatbot bisnis untuk usaha baju gamis. Di urutan ke 4 adalah tim Felix, chatbot yang berisi tentang mental health. Kemudian di urutan ke 3 yaitu Travelbot tentang travel wisata alam. Di urutan ke 2 adalah Game PNS yang berisi informasi persiapan tes CPNS. Pemenang di urutan pertama adalah SABI cahtbot asistensi beasiswa internasional. Ada juga tambahan special mentioned awards diberikan kepada tim SEROJA, yang menampilkan chatbot layanan public one stop service Kabupaten Sragen, dinilai mampu memberikan informasi yang sangat lengkap untuk masyarakat.

Bersiap Pelatihan Lanjutan

Pelatihan “AI Chatbot Development For Non-programmer” yang dilaksanakan dari tanggal 26 April – 29 Mei 2021 ini merupakan salah satu tema dalam Program Thematic Academy Digital Talent Scholarship 2021 yang bertujuan untuk menciptakan tenaga terampil yang memiliki pengetahuan dasar dalam pembuatan chatbot dengan pendekatan teknik AI dimana saat ini chatbot banyak digunakan di industri terkait customer services, first level response, dan lain sebagainya.

Seperti diketahui chatbot merupakan program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence), yang dapat menirukan percakapan manusia dalam bentuk teks maupun suara dengan menggunakan aplikasi. Teknologi ini dikenal sebagai asisten digital yang dapat memahami serta memproses permintaan pengguna, dan memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.

Dari testimoni yang disampaikan beberapa peserta di akhir acara, didapat berbagai masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan pelatihan ke depan. Salah satu peserta menyampaikan, “Pelatihannya OK, walau saya bukan backgound IT, namun waktunya itu agak sempit jadi butuh usaha ekstra untuk mengikutinya”, ujar Zarirah.

Jika hasil evaluasi dari para peserta pelatihan batch 1 ini dinilai baik, maka tidak mungkin pelatihan serupa akan dilaksanakan kembali di batch berikutnya, untuk dapat menjaring peserta yang lebih banyak dan lebih memasyarakatkan teknologi Artificial Intelligence dari penggunaan sederhana (RM)


Label: dts, pelatihan ai chatbot, thematic academy
Jumlah pengunjung: 107 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat