Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP Sebarkan :

Meningkatkan SDM Digital Melalui SD dan SMP Digital di Kota Bitung

07-12-2021 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 44-1036


Kunjungan Pokja DLA

Bitung (07/12/2021) – Pokja Digital Leadership Academy (DLA) melakukan kunjungan ke SD Inpres 7/83 Girian Weru 2 dan SMPN 2 Kota Bitung, dua sekolah yang menerapkan digitalisasi di Kota Bitung. Kedua sekolah tersebut akan mengujicoba penggunaan aplikasi sekolah digital bernama Sepakat Cerdas guna menunjang peningkatan sumber daya manusia SDM dan digitalisasi di sekolah.

Sepakat Cerdas Memungkinkan Sekolah Menganalisis Data Sekolah

Melalui aplikasi tersebut, pihak sekolah mampu mengawasi kegiatan dan memudahkan analisis data sekolah. Pihak sekolah juga nantinya dapat mengolah data yang bersifat digital guna kemajuan pendidikan di Kota Bitung.

Pokja DLA dan Tim Visitasi melihat uji coba implementasi penggunaan Sepakat Cerdas pada ujian siswa. Para siswa melaksanakan ujian dengan menginput jawaban pada aplikasi.

Selain itu para guru dapat langsung menerima hasil ujian bahkan mampu mengkompilasi nilai hingga satu semester. Walaupun aplikasi ini masih dalam tahap uji coba, namun antusiasme siswa dan guru dalam penerapan sistem digital terlihat sangat tinggi.

e-Library Untuk Memudahkan Pembelajaran Daring

Selain penerapan Sepakat Cerdas, sekolah-sekolah tersebut juga membuat e-library untuk memudahkan pembelajaran daring. Para siswa dapat meminjam buku digital dengan menggunakan smartphone atau gawai lainnya dari mana saja.

Peminjaman buku digital tersebut mirip seperti buku fisik, memiliki jumlah tertentu dan jika habis dipinjam, para siswa lain harus menunggu antrian pinjaman. Semua aktivitas pinjam meminjam dan membaca buku dapat mengakses e-library menggunakan akun yang telah diberikan pihak sekolah bagi masing-masing siswa.

Program digitalisasi di sekolah tersebut merupakan salah satu program penunjang visi Walikota Bitung, yaitu “Untuk mewujudkan Bitung sebagai Kota Digital yang mandiri, sejahtera dan berkarakter berlandaskan gotong royong”. Walikota Bitung, Maurits Mantiri merupakan salah satu peserta alumni DLA x National University of Singapore (NUS) batch 1.

DLA, Salah Satu Akademi DTS Bagi Pimpinan

DLA merupakan salah satu program pelatihan nirgelar bagi tingkat pimpinan. Program pelatihan intensif ini untuk para pengambil kebijakan atau pemimpin di institusi pemerintahan maupun swasta di bidang teknologi digital.

Salah satu perwujudan implementasi pelatihan DLA melalui pembuatan policy brief guna percepatan transformasi digital di Indonesia. Walikota Bitung bersama dengan anggota Kelompok 3 yang terdiri dari Totok Sulistyo sebagai Ketua Senat Politeknik Negeri Balikpapan, Yohannes Kurniawan sebagai Dekan Universitas Binus yang diwakilkan oleh Pak Devyano Luhukay, Agus Sutiawan sebagai Executive Vice President Manajemen Digital Kantor Pusat PLN yang diwakilkan oleh Ropos Napitupulu, Arseto Hartantiyo Pinontoan sebagai Direktur BASE Incubator Surabaya, serta Muhamad Hadi Wawan Guntoro sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur, membuat policy brief yang berjudul “Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Melalui Transformasi Digital di Kota Bitung”. (Pusdiklat/Zizi-Pubdokpus/RAF)


Label: kominfo, kementerian, litbang, badan, dts, scholarship, talent, dla, academy, leadership, bitung, kota, di, digital, smp, dan, sd, melalui, digital, sdm, manusia, daya, sumber, meningkatkan
Jumlah pengunjung: 267 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat