Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Menulis KTI dengan Baik dan Cepat: Pelatihan Internal bagi Peneliti & Pengurus Jurnal PKOP BPSDMP Kominfo Manado

11-02-2021 oleh BPSDMP Kominfo Manado
Nomor Registrasi Konten: 19-729


gambar

“Terkadang kita ingin menulis sebuah Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan baik tetapi tidak cepat. Padahal kita ingin segera menerbitkannya ke sebuah jurnal nasional yang bereputasi. Sebaliknya kita bisa menulis KTI dengan cepat, tetapi hasilnya tidak baik. Nah bagaimana caranya supaya kita dapat menulis KTI dengan cepat tetapi dengan hasil yang juga baik dan layak dimuat di jurnal nasional bereputasi bagus atau terakreditasi tinggi? Berikut tips-tipnya.” Demikian pengantar yang disampaikan oleh Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado, Christiany Juditha yang juga sebagai pemateri dalam pelatihan internal bagi peneliti dan pengurus Jurnal Komunikasi dan Opini Publik di lingkup BPSDMP Kominfo Manado, Kamis 11 Februari 2021.


Dalam paparan materinya, Juditha menjelaskan bahwa langkah pertama dalam menulis KTI adalah seorang penulis harus mampu menetapkan isu apa yang akan ditulis , dan kemudian harus mampu menetapkan topik yang lebih spesifik dari isu tersebut yang akan dikaji lebih mendalam. Misalnya tentang Pornografi dan Penyebarannya Di Media Sosial. Penulis harus bisa menetapkan dari sisi mana topik tersebut mau dibahas. Apakah komunikasinya? Medianya? Isunya? Kebijakannya? Dan lain sebagainya. Semakin sempit topik itu dipilih, semakin dalam kajiannya yang akan dibahas. Juditha pun memberikan langkah-langkah yang perlu dipersiapkan untuk menulis sebuah KTI diantaranya, membiasakan diri menuliskan poin poin yang akan disampaikan di pendahuluan seperti fenomena isu yang akan dibahas, data empirik tentang isu tersebut, apa masalah dari isu ini sehingga menarik untuk dikaji dan menetapkan tujuan penulisan/penetitian.


Dalam pelatihan dengan judul “Kiat Menulis KTI dengan Cepat dan Baik” tidak hanya diterangkan soal teori tentang cara menulis tetapi tetapi peserta yang ikut juga langsung melakukan praktik menyusun rencana penulisan KTI yang akan dimuat dalam jurnal terakreditasi. Pelatihan yang diikuti secara antusias oleh seluruh peneliti dan pengurus Jurnal Komunikasi dan Opini Publik di lingkup BPSDMP Kominfo Manado ini berlangsung di Ruang Galeri Internet Balai. (*ij).


Label: pelatihan, peneliti, manado, bpsdmp kominfo, jpkop, jurnal, 2021, karya tulis ilmiah, kti, penulisan, pengurus
Jumlah pengunjung: 183 Sebarkan :

Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat