Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

MINAHASA UTARA MENJADI KABUPATEN PELAKSANAAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP ACADEMY

22-04-2021 oleh BPSDMP Kominfo Manado
Nomor Registrasi Konten: 19-768


Gambar

(Air Madidi- 22 April 2021)- Bupati Kabupaten Minahasa Utara, Joune J.E. Ganda, SE. diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan SetKab Minahasa Utara, Drs. Allan Mingkid membuka secara resmi Pelatihan Digital Enterepreneurship Academy (DEA) 2021, di Hotel Sutan Raja Air Madidi, 22 April 2021. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado.

Bupati Minut dalam sambutannya memyampaikan terimakasih kepada Kementerian Kominfo yang telah memilih Kabupaten Minahasa Utara sebagai tempat pelaksana DEA yang diperuntukkan bagi para pelaku UMKM yang berdomisili di Minahasa Utara dan sekitarnya. Karena data dari Pemkab Minut menyebutkan bahwa ada sekitar 13 ribu UMKM yang ada di kabupaten ini. Sehingga pelatihan pengembangan keterampilan bidang digital sangat menunjang SDM UMKM untuk peningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di masa Pandemi.

Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo, Christiany Juditha,S.Sos,MA dalam sambutannya mengatakan bahwa DEA yang merupakan program pelatihan pengembangan SDM bagi pelaku UMKM dan dilakukan oleh BPSDMP Manado di 10 Kabupaten Kota di Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah yang menjadi wilayah kerja BPSDMP Kominfo Manado. Dan Kabupaten. Minahasa Utara merupakan kota ke 4 pelaksanaan kegiatan ini. Juditha menambahkan masa pandemi Covid-19 ini memaksa semua pelaku usaha baik kecil maupun besar untuk beradaptasi dari manual ke digital. Sehingga Kementerian Kominfo memiliki tugas membantu pelaku UMKM dengan melaksanakan program peningkatan skill digital marketing.
Dilain pihak narasumber dari Micro Banking Cluster Manager Bank Mandiri Manado, Nurwadi, S.Pd., M.M dalam paparan materinya kepada peserta mengatakan bahwa pihak perbankan memiliki banyak program-program permodalan dalam bentuk KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang ditujukan khusus untuk UMKM. Sehingga para peserta yang hadir dapat memilih program prmpdalam yang sesuai kemampuan masing-masing.

Hadir sebagai narasumber lainnya adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Minahasa Utara Hanny Kumontoy, dan bertindak sebagai moderator adalah Kepala Dinas Kominfo Kab. Minahasa Utara Drs. Theodore Vanny Lumingkewas, MM. Sementara tim pengajar Adventinus Kristanto Lambut, SE., M.S.A., Ak., CA (Universitas Katolik De La Salle Manado), Rina Lineke Siwi, SH (PT. Telekomunikasi Indonesia) serta Tim Instruktur dari Kementerian Kominfo RI. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti 40 peserta UMKM yang didominasi oleh pelaku usaha kuliner dan mengikuti protokol kesehatan. (*ij).


Label: pelatihan, bpsdmp kominfo manado, 2021, dea
Jumlah pengunjung: 39 Sebarkan :

Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat