Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP Sebarkan :

MoU Badan Litbang SDM dengan Pemkot Bitung, Maurits: Digitalisasi, Golden Bridge Menuju Bitung Kota Digital

06-12-2021 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 44-1027


MoU Pemkot Bitung dengan Badan Litbang SDM

Bitung (06/12/2021) – Badan Litbang SDM terus memperluas sinerginya dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kali ini Badan Litbang SDM bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara setelah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kepala Badan Litbang SDM dengan Walikota Bitung.

Upaya Mewujudkan Kota Bitung sebagai Kota Digital

Penandatanganan ini juga merupakan salah satu upaya Pemkot Bitung mewujudkan Kota Bitung sebagai Kota Digital dengan Program 1.001 WiFi. Walikota Bitung, Maurits Mantiri sendiri merupakan alumni dari program Digital Leadership Academy (DLA) 2021.

Menyiapkan Talenta Digital, Salah Satu Upaya Percepatan Transformasi Digital

Dalam sambutannya, Kepala Badan Litbang SDM, Hary Budiarto menyampaikan bahwa ada lima arahan Presiden Jokowi terkait transformasi digital. “Mempercepat perluasan akses, peningkatan infrastruktur digital dan layanan Internet. Lalu kita juga mempersiapkan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis, mempercepat integrasi pusat data nasional, menyiapkan talenta digital, dan menyiapkan regulasi, skema-skema pendanaan, serta pembiayaan transformasi digital,” demikian ujar Hary.

Digitalisasi, Golden Bridge Menuju Bitung Kota Digital

Sementara itu Maurits menyampaikan bahwa bagi Kota Bitung, digitalisasi merupakan golden bridge. “Digitalisasi adalah ‘the golden bridge’ menuju Bitung Kota Digital dengan menciptakan lingkungan digital, pemerintah digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital,” sebut Maurits.

Lebih lanjut Maurits menyampaikan bahwa rata-rata SDM di Bitung hanya mampu menyelesaikan pendidikan hingga tingkat SMP. “Hanya 46 dari 100 anak lulus SMP yang berlanjut ke SMA,” sambung Maurits.

“Oleh sebab itu,” menurut Maurits, “perlu mendorong pendidikan anak guna meningkatkan sumber daya manusia yang mumpuni.” Sehingga Pemkot Bitung mengambil langkah maju bergandengan tangan dengan Kementerian Kominfo guna mengembangkan SDM dengan memberdayakan pelatihan yang telah diprogramkan oleh Kementerian Kominfo. (Pusdiklat/Zizi-Pubdokpus/RAF)


Label: kominfo, kementerian, dla, digital, kota, bitung, menuju, bridge, golden, digitalisasi, maurits, bitung, pemkot, sdm, litbang, badan, mou, kesepahaman, nota
Jumlah pengunjung: 170 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat