Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Pelantikan Analis Kebijakan dan Pranata Komputer, Haryati: Kunci Menghadapi Perubahan, Beradaptasi dan Menyesuaikan Diri

19-09-2022 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 19-1300


Pelantikan Analis Kebijakan dan Pranata Komputer

Jakarta (19/09/2022) – Terbitnya Peraturan Presiden RI Nomor 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berimbas pada pindahnya sejumlah Peneliti di lingkungan Badan Litbang SDM ke BRIN. Dari total 94 Peneliti yang sebelumnya ada di Badan Litbang SDM, 31 Peneliti di antaranya pindah ke BRIN dan 63 Peneliti lainnya alih jabatan ke jabatan fungsional lainnya.

33 Pegawai Dilantik Sebagai Analis Kebijakan dan 1 Pegawai Sebagai Pranata Komputer

Menindaklanjuti hal itu, Sekretaris Badan Litbang SDM, Haryati melantik 33 pegawai ke dalam Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dan satu pegawai ke dalam Jabatan Fungsional Pranata Komputer. Seluruh 33 pegawai tersebut berasal dari satuan kerja dan UPT Badan Litbang SDM, baik pusat maupun daerah.

Sementara satu pegawai yang dilantik ke dalam Jabatan Fungsional Pranata Komputer berasal dari Pusat Data dan Sarana Informatika. Pelantikan ini mengambil tempat di Ruang Co-working Space Badan Litbang SDM –serta melalui Zoom bagi para pegawai di UPT– pada Senin (19/09).

Beradaptasi dan Menyesuaikan Diri, Kunci Menghadapi Perubahan

Dalam sambutan pasca pelatihan, Haryati menyampaikan bahwa sisa 26 Peneliti lainnya masih dalam proses alih jabatan ke sejumlah jabatan fungsional. Beberapa jabatan fungsional tersebut, seperti Analis Kebijakan, Analis Data Ilmiah, Pranata Komputer, Pranata Humas, hingga Analis Kepegawaian.

Haryati juga menyampaikan bahwa salah satu kunci menghadapi perubahan, yaitu dengan beradaptasi dan mengasah kemampuan untuk menyesuaikan diri. “Salah satu kunci dalam menghadapi suatu perubahan adalah beradaptasi dan mengasah kemampuan untuk menyesuaikan diri sebagai pejabat fungsional, khususnya Analis Kebijakan dan Pranata Komputer,” demikian ungkapnya.

Haryati turut mengingatkan para pegawai yang baru dilantik untuk turut berperan dalam percepatan transformasi digital. “ASN semakin dituntut meningkatkan literasi digitalnya dan inovasi baru dalam mewujudkan digitalisasi pemerintah dan peningkatan kapasitas SDM di bidang sains dan teknologi,” tambahnya.

Pelantikan ini juga merupakan salah satu upaya penyederhanaan birokrasi. Upaya lainnya, yaitu dengan menerapkan pola kerja tim, seperti yang sedang Badan Litbang SDM lakukan.

Tak lupa Haryati mengucapkan selamat dan berharap agar para pegawai yang baru saja dilantik mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik mungkin. “Saya yakin dan percaya Saudara sekalian akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan,” tutupnya. (Pubdokpus/G/RAF)


Label: kominfo, kementerian, pdsi, sdm, litbang, badan, diri, menyesuaikan, beradaptasi, menghadapi perubahan, kunci, haryati, prakom, komputer, pranata, kebijakan, analis, pelantikan
Jumlah pengunjung: 82 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat