Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Pelantikan Penyetaraan Jabatan Administrator dan Pengawas ke Dalam Jabatan Fungsional, Basuki: Tunjukkan Idemu!

19-08-2020 oleh RAF 1

Jakarta (19/08/2020) – Peralihan jabatan struktural menjadi jabatan fungsional merupakan upaya untuk mewujudkan birokrasi yang fleksibel, efisien, dan efektif, serta merupakan wujud reformasi birokrasi dalam penyederhanaan organisasi aparatur sipil negara (ASN). Hal ini disampaikan Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar ketika memberikan arahan dalam acara Pelantikan Penyetaraan Pejabat Administrator dan Pengawas ke Dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan Badan Litbang SDM, Rabu (19/08) di Aula Anantakupa, Kementerian Kominfo.

Basuki menambahkan bahwa perubahan pengelolaan organisasi dari struktural menjadi fungsional juga berpengaruh bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama untuk melakukan supervisi dan pembagian tugas langsung kepada individu. Dan dengan penyederhanaan jabatan ini, peningkatan kinerja pun sangat terbuka.

Basuki pula menilai bahwa penyetaraan ini merupakan langkah awal bagi pegawai Badan Litbang SDM untuk menunjukkan kredibilitasnya melalui pencetusan berbagai ide. “Tugas yang diemban harus sesuai dengan pola penilaian dan sistem yang ada, jangan sampai terjadi dualisme. Jika ada pegawai yang tugasnya mengerjakan paper, jangan sampai yang diteliti tidak sejalan dengan tujuan kelembagaan,” urainya.

Dengan pola pekerjaan seperti itu, oleh karenanya perlu disusun peta jabatan yang sesuai. Hal ini diperlukan agar tugas pokok dan fungsi organisasi dapat tetap dijalankan oleh para pejabat fungsional sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

“Saya kira ini menjadi pekerjaan rumah bersama dan mudah-mudahan kita bisa melampauinya, karena ada bidang-bidang yang mengarah pada profesi dan tugas,” demikian sambung Basuki. Mengingat banyak jabatan fungsional yang ada dan masing-masing harus dapat berkolaborasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Pada pelantikan kali ini total ada 24 pejabat struktural yang disetarakan ke dalam jabatan fungsional. Dan menutup arahannya Basuki mengharapkan melalui penyetaraan ini Badan Litbang SDM dapat menjadi organisasi yang lebih baik.

===

Pubdokpus – Kontributor: Gaturi; Redaktur: Riguna A. Fazar


Label: kominfo, kementerian, sdm, litbang, badan, fungsional, jabatan, pengawas, administrator, jabatan, penyetaraan, pelantikan
Jumlah pengunjung: 146

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat