Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Pembukaan Digital Talent Scholarship 2018: Fasilkom, UI

15-10-2018 oleh RAF Farida Dwi Cahyarini dalam pembukaan Digital Talent Scholarship 2018

Depok (15/10/2018) – Dalam rangka menyambut era Revolusi Industri 4.0, Kementerian Kominfo melalui Badan Litbang SDM menyelenggarakan Digital Talent Scholarship 2018. Pelaksanaan program ini bekerja sama dengan Universitas Indoensia (UI), ITB, Universitas Padjadjaran (Unpad), UGM, dan ITS, serta Microsoft Indonesia.

Digital Talent Scholarship 2018 yang diluncurkan pada tanggal 21 September 2018 lalu, di Unpad, Bandung ini merupakan program beasiswa pelatihan intensif selama dua bulan. Menawarkan dua kelas, yaitu kelas tatap muka dengan tema pelatihan Artificial Intelligence, Big Data, Cloud Computing, dan Cyber Security; serta kelas daring dengan tema bisnis digital.

Pada tahun 2018, program beasiswa ini menyaring 1.000 orang. Dan pada tanggal 15 Oktober 2018 program ini dibuka, salah satunya di Fasilkom, UI, Depok, Jawa Barat.

Program beasiswa di Fasilkom, UI, dibuka oleh Sekretaris Jenderal, Kementerian Kominfo, Farida Dwi Cahyarini, selaku Keynote Speech. Dalam sambutannya Farida menyampaikan bahwa berbagai tema dalam pelatihan intensif ini relevan untuk menyambut era Revolusi Industri 4.0. Kemajuan teknologi menimbulkan ketimpangan jumlah dan kompetensi SDM dengan kesempatan kerja.

“Satu dekade lalu banyak pekerjaan yang tidak pernah terpikirikan akan berjaya di masa sekarang. Namun di sisi lain, banyak pula pekerjaan yang hilang tergerus zaman,” demikian lanjut Farida.

Farida turut menyampaikan bahwa menurut penelitian McKinsey pada tahun 2030 nanti akan ada permintaan tenaga kerja dengan keterampilan khusus sejumlah 113 juta orang. Apabila pengembangan SDM tidak segera diupayakan, akan ada kekurangan tenaga kerja terampil di Indonesia.

Itulah salah satu tujuan program beasiswa ini. Pelatihan ini selain untuk menumbuhkan keterampilan teknis (hard skill) di lima bidang tema pelatihan, juga bertujuan untuk memupuk keterampilan non-teknis (soft skill) dalam menyelesaikan masalah, berpikir kritis, dan kreatif.

Program beasiswa ini diharapkan dapat terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 2019 nanti targetnya adalah 20.000 peserta. Bagi peserta yang lulus pelatihan ini dengan nilai memuaskan akan diberikan kesempatan magang pada perusahaan mitra.

Pada saat berita ini ditulis, pembukaan program beasiswa ini juga dilaksanakan secara serentak di tiga perguruan tinggi/universitas lainnya. Pembukaan dilakukan juga di ITB, Bandung; UGM, Yogyakarta; dan ITS, Surabaya. Di UI sendiri, program beasiswa ini dilaksanakan oleh dua fakultas, yaitu Fakultas Teknik dan Fasilkom. (Pubdokpus – G)


Label: ui, indonesia, universitas, fasilkom, 2018, scholarship, talent, digital, pembukaan
Jumlah pengunjung: 151

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat