Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT DAN MENDESAIN KELAS ONLINE BAGI GURU-GURU PEREMPUAN  DENGAN MENGIKUTI PELATIHAN DARING

17-06-2020 oleh BPSDMP Kominfo Manado Gambar

(Manado-17 Juni 2020) – Menantisipasi kondisi yang serba tidak pasti di masa Pandemi Covid-19, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Manado, mengadakan pelatihan kelas online dengan tema “Membuat dan Mendesain Kelas Online” pada Rabu, 17 Juni 2020. Kepala BPSDMP Kominfo Manado, Christiany Juditha,S.Sos,MA, dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan tersebut menjelaskan bahwa wabah Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk di Indonesia, telah merubah pola hidup manusia, termasuk dalam hal pembelajaran di sekolah-sekolah. Kondisi pandemi ini mengharuskan masyarakat harus melakukan seluruh pembelajaran di rumah. Keadaan ini menimbulkan persoalan baru, dimana guru-guru yang tugas sehari-harinya mengajar secara langsung dan tatap muka, harus banting setir mengajar secara virtual. Mengajar secara virtual mengharuskan guru-guru memiliki keterampilan untuk membuat dan mendesain kelas daring agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Karena itulah pelatihan yang diperuntukkan untuk guru-guru ini diadakan.


Lebih lanjut Juditha mengatakan bahwa, setiap tahun program BPSDMP Kominfo Manado melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan SDM di bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi secara offline. Namun karena kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan kegiatan sejenis harus dilaksanakan secara online atau daring. Namun keuntungan dari pembelajaran online ini menurut Juditha, banyak peserta yang berada di daerah-daerah lain yang sangat membutuhkan pelatihan-pelatihan tersebut dapat mengikutinya.


Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Alfrez Wauran, MCSE, M.Kom, dosen Ilmu Komputer, Politeknik Negeri Manado. Dalam paparannya, Alfrez menjelaskan tentang penggunaan aplikasi zoom dalam membelajaran di kelas. Menurut Alfrez, masalah menggunakan Zoom yang gratis (basic) memiliki durasi meeting hanya sekitar 40 menit saja, sehingga disarankan untuk menggunakan versi education untuk mengatasi masalah tersebut.


Pelatihan untuk guru-guru perempuan ini diikuti 28 orang guru yang berasal dari Sulawesi Utara dan sekitarnya, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat dan dipandu oleh host Arsyad. Pelatihan serupa dengan mengangkat tema “Literasi di Media Sosial” serta “Personal Branding di Media Sosial” juga akan dilaksanakan pada 24 Juni 2020 dan 1 Juli 2020. (*ij)


Label: bpsdmp kominfo, corona, 19, covid, guru-guru, pelatihan, manado, kelas, daring, online, bpsdmp kominfo manado
Jumlah pengunjung: 145

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat