Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP Sebarkan :

PKBM Berbasis Digital, Upaya Pengentasan Masalah Putus Sekolah

07-12-2021 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 44-1037


Kunjungan Pokja DLA ke PKBM Ghumenang

Bitung (07/12/2021) – Tim Visitasi DLA beserta alumni DLA x National University of Singapore (NUS) Kelompok 3 melakukan kunjungan ke Kota Bitung, Sulawesi Utara. Totok Sulistyo, Ketua Senat Politeknik Negeri Balikpapan; Devyano Luhukay mewakili Yohannes Kurniawan dari Dekan Universitas Binus; Ropos Napitupulu mewakili Agus Sutiawan sebagai Executive Vice President Manajemen Digital Kantor Pusat PLN, merupakan alumni DLA x NUS yang hadir bersama Tim Visitasi DLA kali ini.

Mengangkat policy brief “Pengimplementasian Peraturan Daerah Kota Bitung Nomor 10 Tahun 2018 dalam mendukung program kerja Kota Bitung sebagai Kota Digital” dengan tujuan untuk memberikan masukan terhadap rencana kebijakan pembangunan terkait transformasi digital yang lebih baik di daerah setempat, khususnya di Sulawesi Utara. Kegiatan kunjungan rencana aksi digital –dengan turun langsung ke lapangan dan mengamati program transformasi digital di lokasi– ini berlangsung selama empat hari sejak tanggal 5 hingga 8 Desember 2021, dengan acara inti FGD dan melihat kondisi lapangan saat ini.

Kunjungan ke PKBM Ghumenang

Kepala Kecamatan Pinokalan beserta jajarannya diiringi tarian khas Bitung menyambut kedatangan Tim Visitasi. Tim yang dipimpin oleh Ketua Pokja DLA, Sadjan kemudian berdialog bersama dengan pengajar dan murid di PKBM Ghumenang.

Murid-murid di PKBM tersebut berasal dari berbagai daerah dan berbeda pula jenis paket yang diambil. Keberadaan PKBM ini demi mengentaskan angka putus sekolah di Bitung, seperti yang tertuang pada policy brief yang dibuat oleh Kelompok 3 alumni DLA x NUS batch 1.

Ini menjadi suatu langkah yang baik untuk melakukan tranformasi digital. Mengingat Kota Bitung adalah Kota Digital, seperti visi misi dari Walikota Bitung.

Sepakat Cerdas Bantu Anak Putus Sekolah Melanjutkan Pendidikan

Setelah beranjak dari PKBM Ghumenang, Kelompok 3 alumni DLA x NUS berkunjung ke PKBM Anugerah. Kunjungan ini pun disambut hangat oleh Kepala Dinas Pendidikan, Eugenie Mantiri dan jajarannya.

Sama seperti di PKBM sebelumnya, Sadjan memberikan sambutan dan pengarahan terkait transformasi digital. Diakhiri dengan sambutan Kepala PKBM Anugerah, Lumaja.

Pada paparannya Lumaja menyampaikan dirinya beserta jajarannya berusaha untuk melakukan sekolah digital dan mengembangkan satu aplikasi dengan nama Sepakat Cerdas yang membantu anak-anak putus sekolah melanjutkan pendidikannya. Lumaja juga berkata sudah banyak alumni dari PKBM Anugerah ini yang menjadi PNS, bahkan sudah ada yang menjadi anggota dewan. (Pusdiklat/Zizi-Pubdokpus/RAF)


Label: kominfo, kementerian, sdm, litbang, badan, nus, singapore, of, university, national, dla, academy, leadership, sekolah, putus, masalah, pengentasan, upaya, digital, berbasis, pkbm
Jumlah pengunjung: 565 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat