Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Rapat Pembahasan Tindak Lanjut “Studi Analisis Efisiensi Industri Telekomunikasi dan Implikasinya terhadap Regulasi”

29-08-2017 oleh Reza Bastanta Sitepu

JAKARTA, Puslitbang SDPPPI, pada hari Selasa, tanggal 29 Agustus 2016 menyelenggarakan rapat pembahasan tindak lanjut “Studi Analisis Efisiensi Industri Telekomunikasi dan Implikasinya terhadap Regulasi”. Kajian Efisiensi IoT yang di koordinatori oleh Peneliti Kautsarinah ini yang sebelumnya telah dilakukan Forum Group Discussion (FGD) selama 2 tahap dengan melibat Pakar Telekomunikasi, Akademisi, dan Industri.

Berlokasi di Ruang Monolutu lantai 5 Gd Belakang Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta Pusat, rapat ini hanya dihadiri oleh peneliti puslitbang SDPPPI (internal) saja. Kautsarinah menerangkan arahan terbaru dari Kepala Badan Litbang SDM Basuki Yusuf Iskndar selaku Kepala Badan Litbang SDM secara singkat penelitian ini perlu diarahkan menjadi strategi konsolidasi. Peserta rapat lainnya yaitu Sri Ariyanti berpendapat bahwa perlu ada perbandingan terhadap network sharing dari segi efisiensi , biaya dan lainnya sehingga diakhir output penelitian bisa terlihat bahwa konsolidasi lebih baik strateginya, jika tidak maka perlu dimuatkan literatur review dari berbagai negara untuk muatan pada penelitian ini. Adapun peserta rapat ini setuju bahwa jika benar mengarah pada konsolidasi, maka harus melibatkan operator dan BWA (broadband wireless access).

Adapun pendapat dari Anton Susanto, selaku peneliti SDP3I bahwa jika memang diarahkan konsolidasi maka mirip dengan penelitian terdahulu yaitu Penelitian Konsolidasi Industri Telekomunikasi dan Skema Strategi Pembangunan, dilihat dari segi MAK ataupun analisis struktur industri, sebisa mungkin hasilnya mengarah ke policy research serta dapat menjadi masukan bagi stake holder, salahsatunya Ditjen PPI, SDPPI , BRTI, ataupun BP3TI. Penelitian tidak sekedar menjadi research just for research atau just for who, tetapi bisa memberikan sumbangan bagi suatu kebijakan dalam bidang SDP3I.

Adapun kegiatan rapat pembahasan ini dihadiri oleh Tim Efisiensi IoT yaitu, Kautsarinah, Anton Susanto, Sri Ariyanti, Diah Kusuma, Diah Yuniarti, Amry Gultom, Awangga F, Kasmad A dan Reza Bastanta.


Label: , broadband, konsolidasi, informatika, telekomunikasi, sdp3i, efisiensi, iot
Jumlah pengunjung: 147

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat