Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika Untuk Angkatan Kerja Muda Di Palembang, 22-24 Februari 2017

24-02-2017 oleh Admin Balitbang

(Palembang, PPLPSI) Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak hari Rabu, 22 Februari 2017 sampai dengan Jumat, 24 Februari 2017, melaksanakan kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika. Acara yang dihadiri oleh pejabat dilingkungan Kementerian KOMINFO, pemerintahan daerah Provinsi Sumatera Selatan, Pejabat dan Asesor dari LSP Telematika,juga 75 (tujuhpuluhlima) peserta sertifikasi ini, dilaksanakan di Aston Hotel and Conference Center, Palembang.

Kegiatan fasilitasi sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI bidang Informatika dilaksanakan dalam bentuk penjelasan materi uji kompetensi, Pre Assesment, Uji Kompetensi dan Assesment yang dipandu oleh Tim Asesor dengan diketuai oleh Direktur LSP Telematika Victor Terinathe. Kegiatan fasilitasi sertifikasi ditargetkan diikuti oleh 75 orang peserta dengan klasifikasi para lulusan SMK, DI, DII, dan DIII bidang TIK di wilayahProvinsi SumateraSelatan dan sekitarnya, yang telah dinyatakan lolos seleksi.

Sudjarwo, Spd. MM, Kasubbid Fasilitasi Sertifikasi Pusbanglitprof SDM Informatika dalam laporan kegiatan menyampaikan, “Sasarankegiataniniadalahterwujudnya SDM angkatan kerja muda Bidang Teknologi Informasi yang lulus uji kompetensi dan berhasil memiliki sertifikat kompetensi standar yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh pekerjaan, diharapkan juga mampu berkontribusi dalam peningkatan dan pengakuan kompetensi kerja yang nantinya mampu membantu meningkatkan daya saing SDM di Tingkat nasional, regional, bahkan global."

KepalaDinas KOMINFO Provinsi Sumatera Selatan Dr. H. FarhatSyukri, SE, M.Si, dalamsambutanselamatdatangnyamenyampaikanDinasKominfoProvinsiberdirisejak 31 Desember 2016. BerbedadenganDinasKominfoKota Palembang yang sudahadasejak lama. Perkembanganinformasi digital mulaihadir di tahun 2000-an, dankitahidup di fase digital bukanfase analog lagi. KegiatanSertifikasiBerbasis SKKNI seperti ini sangat penting dalam mempersiapkan angkatan muda dalam menghadapi fase digital. Kegiatan serupa sangat diharapkan untuk dapat diselenggarakan pada wilayah lain pada Provinsi Sumatera Selatan. Dinas Kominfo Provinsi akan mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan ini.”

Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc, Kepala Pusbang Litprof SDM Informatika, di hadapan 75 (TujuhPuluh Lima) peserta, membuka secara resmi fasilitasi sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI BidangInformatika yang dihadiri para Pejabat baik Pejabat dari Kementerian KOMINFO, maupun Pejabat Provinsi Sumatera Selatan. Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika menyampaikan dalam sambutannya, bahwa bonus demografi yang dimiliki Indonesia tidak akan memberikan keuntungan tanpa adanya perbaikan kualitas SDM. SDM yang berkualitas adalah yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Beliau pun menerangkan bahwa Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah dimulai sejak tahun 2016 merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia, khusunya masalah ketenagakerjaan. Selain Asesmen Kompetensi Profesi, Hedi M. Idris juga mengingatkan kebutuhan attitude di duniakerja. Oleh karena itu dalam Uji Kompetensi peserta akan dilihat juga attitude peserta selama pelaksanaan Sertifikasi ini karena menurut Hedi M. Idris, jangansampai bidang informatika ini diisi oleh orang-orang yang bisa bekerja secara teknis tapi tidak punya mental yang baik dalam bekerja.

Terakhir beliau berharap bahwa kegiatan ini mampu membekali tenagakerja Indonesia dalam menghadapi perdagangan bebas ASEAN. Sedangkan harapan jangka panjangnya kegiatan ini akan mampu merubah sikap pemuda untuk terus belajar, guna meningkatkan daya saing dan kompetensi SDM sebagai penyusun daya saing nasional.Kepala Pusbang Litprof SDM Informatika dan Direktur LSP Telematika berfoto bersama Peserta Sertifikasi SKKNI Informatika Palembang


Label: kari & sal
Jumlah pengunjung: 1151

DTS2020
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat