Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP Sebarkan :

Sosialisasi GTA

12-04-2021 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 44-760


Screenshot 2021 04 12 093517 2

Jakarta (12/04/2021) – Pada tahun 2021 ini, Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo menargetkan 100 ribu talenta digital tercipta melalui program Digital Talent Scholarship (DTS). Terdapat sejumlah akademi DTS, salah satunya Government Transformation Academy (GTA).

Dalam rangka memperkenalkan akademi ini –digawangi oleh Pusdiklat– Badan Litbang SDM melakukan sosialisasi GTA kepada sejumlah kementerian/lembaga. Sosialisasi dilaksanakan di Hotel Millenium Sirih, pada Senin (12/04) serta secara virtual melalui Zoom.

GTA, Akademi Pelatihan DTS bagi ASN

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Litbang SDM, Hary Budiarto. Dalam paparannya Hary menyampaikan bahwa pada tahun 2021 ini, program DTS memberikan pelatihan yang terbagi menjadi delapan akademi, salah satunya GTA.

Sasaran/target peserta akademi GTA ini adalah para ASN. Akademi pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ASN dalam mendukung akselerasi transformasi digital di instansi pemerintahan.

Akademi pelatihan GTA ini awalnya ditargetkan bagi para ASN di wilayah 3T, namun menurut Hary masih banyak ASN di pusat yang belum melek digital. Sehingga pada akhirnya akademi pelatihan ini turut menyasar ASN pusat.

Lebih lanjut Hary menyampaikan bahwa peserta GTA harus memenuhi sejumlah syarat, yaitu ASN, mendapat penugasan dari atasan, lolos seleksi administrasi, dan berusia maksimal 5 tahun sebelum BUP. Persyaratan terkait usia tersebut harus menjadi perhatian, agar selesai mengikuti GTA peserta dapat mengimplementasikan ilmunya di instansi asal.

Ada 13 Tema Pelatihan pada GTA

Hary mengutarakan bahwa saat ini ada 13 tema pelatihan di akademi GTA, menyesuaikan dengan topik permasalahan yang sering ditemui di kementerian/lembaga, beberapa di antaranya yaitu Junior Network Administrator, Analisis Media Sosial, WI-lenial, dan Government Process Reengineering. Ketiga belas tema pelatihan ini sangat mungkin berubah dan disesuaikan kembali, mengikuti tren serta topik permasalahan yang ada di kementerian/lembaga maupun instansi.

Untuk tahun 2021 ini, akademi pelatihan GTA akan dilaksanakan mulai Mei hingga November. Hary turut menyampaikan bahwa akademi pelatihan ini telah diminati oleh sejumlah pemerintah daerah, seperti Pemkot Depok dan Pemkot Bogor.

Sosialisasi dilanjutkan dengan paparan Widyaiswara Utama, Heri Abdul Azis terkait penjelasan singkat dari setiap tema pelatihan yang ada di GTA. Beberapa tema pelatihan yang menarik di antaranya Analisis Media Sosial, pelatihan untuk meningkatkan kompetensi ASN dalam penyusunan strategi komunikasi instansinya berdasarkan hasil analisis media sosial dan situasi yang dihadapi.

Tema menarik lainnya, yaitu WI-lenial, pelatihan bagi para Widyaiswara agar memiliki spirit generasi milenial yang digital savvy, khususnya dalam mengelola pembelajaran dan pemanfaatan google site. Sosialisasi kemudian diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab di antara para peserta.

===

Pubdokpus – Kontributor: Gaturi; Redaktur: Riguna A. Fazar

Label: badan, litbang, sdm, sosialisasi, digital, talent, scholarship, dts, academy, 2021, gta, government, transformation
Jumlah pengunjung: 115 Sebarkan :

Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat