Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

“Terdapat 12,5 juta tenaga kerja bidang kominfo perlu disertifikasi”

11-07-2017 oleh puslitbang litprof SKKNI, Litprofkom, Pusbang Komunikasi, Sertifikasi Kompetensi

Demikian pernyataan Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi, Prof. Dr. Gati Gayatri, MA, dalam Sambutan Pembukaan mewakili Kepala Badan Litbang SDM di hadapan 20 orang peserta Pelatihan Auditor Sistem Manajemen Mutu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Bidang Komunikasi. “Sedangkan kemampuan Kementerian Kominfo untuk melakukan sertifikasi, rata-rata hanya 3.000 sampai 5.000 orang dan pada tahun 2015 baru sanggup mensertifikasi 7.500 orang.” Lanjut Prof. Gayatri, “Oleh karena itu, kami sangat menaruh harapan pada Bapak/Ibu Calon Pengelola LSP agar dapat bekerjasama dengan Kementerian Kominfo dalam menyiapkan tenaga kerja terampil di sektor komunikasi dan informatika melalui sertifikasi, mengingat pula bahwa sertifikasi telah menjadi salah program prioritas nasional.”

Pelatihan yang dibuka tanggal 10 Juli 2017 tersebut akan berlangsung selama 4 hari di Pusat TIK Nasional Ciputat dan menghadirkan Narasumber dan Instruktur dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) antara lain Ir. Sumarna F. Abdurahman, M.Sc, Sanromo Wijayanto, A.Pi, M.Ed, dan Hasnawati S.K.M., M.Kes. Kegiatan diikuti oleh para peserta dari dari lembaga/organisasi yang berkomitmen untuk segera membentuk LSP bidang komunikasi, antara lain Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia (AINAKI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA),Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), LSP Animedia (Animasi Sinematografi Desain dan Informatika), Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI), Persatuan Karyawan Film dan Televisi Indonesia (KFT), LSP Televisi dan Film, Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK) STMM “MMTC” Yogyakarta, dan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Cikarang

Sebelumnya telah dibacakan Laporan Panitia Penyelenggara oleh Kepala Bidang Literasi Komunikasi, Drs. Ricky Paat. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tahap terakhir dalam program fasilitasi pembentukan LSP, setelah sebelumnya dilaksanakan Pelatihan Asesor Kompetensi di Bandung pada April 2017, Pelatihan Pengembangan dan Penerapan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu LSP di Bogor bulan April 2017, dan Penyusunan Skema Sertifikasi di Bandung pada bulan Mei 2017.

Sebagai hasil akhir rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak April 2017 tersebut, diharapkan terbentuk 3 LSP bidang komunikasi pada akhir tahun 2017. (ID)


Label: sertifikasi kompetensi, pusbang komunikasi, litprofkom, skkni
Jumlah pengunjung: 301

Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat