Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Tingkatkan Pengembangan Usaha Online, Pusbang Proserti Kemkominfo Selenggarakan Bimtek Kewirausahaan Digital

04-09-2019 oleh Pusbang Litprof SDM Informatika pembukaan bimtek wiraswasta 2019 001 copy

Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Pusbang Proserti Kemkominfo) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kewirausahaan Digital bagi pelaku wirausaha digital pemula di Hotel Aryaduta, Kota Bandung. Sebanyak 60 peserta dari kalangan wira usaha pemula sangat antuasias mengikuti Bimtek Kewirausahaan Digital ini. Terlihat dari semangat peserta yang hadir tepat waktu dan tertib dalam mengikuti arahan dan permateri.

Kegiatan Bimtek diawali dengan pembukaan pada Rabu, 4 September 2019 tepat pukul 09.30 WIB yang dihadiri para pejabat dari internal Pusbang Proserti Kemkominfo, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat (Diskominfo Ja-Bar), Tim Instruktur dari Universitas Padjajaran, dan para peserta Bimtek. Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Ja-Bar, Dedi Dharmawan, S.H., M.M., menyampaikan sambutan selamat datang (welcome speech) Kepala Dinas Kominfo Ja-Bar, bahwa pemanfaatan platform e-commerce dapat menstabilkan harga dengan baik karena memperpendek jarak antara produsen dan konsumen tanpa harus melalui rantai distribusi yang panjang. Pada gilirannya, membangun kewirausahaan digital akan banyak mendorong UMKM Go Digital.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Sertifikasi, Drs. Baso Saleh, M.Si. melaporkan bahwa Bimtek ini merupakan kegiatan pilot bagi penyelenggaraan kegiatan serupa selanjutnya. Modul Bimtek pun akan senantiasa disempurnakan.

Selanjutnya, Kepala Pusbang Proserti Kemkominfo, Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc. memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Dalam sambutannya, Hedi M. Idris menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek ini diselenggarakan di Bandung selain karena iklim kewirausahaan tumbuh subur di area Bandung dan modul Digital Entrepreunership disusun oleh Tim Universitas Padjajaran di Bandung, juga karena di Bandung telah terdapat infrastruktur telekomunikasi dan Internet yang telah mantap menyokong kewirausahaan digital. Dalam menghadapi revolusi industri dan era digital, terdapat tantangan kapasitas SDM dan tenaga kerja. Penciptaan lapangan kerja diarahkan ke wirausaha berbasis teknologi, sehingga diperlukan sejumlah skills untuk berwirausaha dan ternyata skill di bidang teknologi adalah yang paling mendominasi.

Kegiatan Bimtek akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, dimulai dari 4 September 2019 dan berakhir pada tanggal 6 September 2019. Selama mengikuti kegiatan, peserta mendapatkan materi terkait kewirausahaan digital dan praktek (simulasi) dari Kepala Pusat Studi Inovasi Digital FEB Universitas Padjadjaran, Dr.rer.pol. Hamzah Ritchi, CA., dan Tim Instruktur dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. (IDA/AY)


Label: proserti
Jumlah pengunjung: 188

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah dengan tema
Website Pusbang Litprof SDM Komunikasi - Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
SKKNI Komunikasi dan Informatika
e-jurnal kementerian kominfo, badan litbang sdm, badan penelitian dan pengembangan SDM
ST MMTC Yogyakarta
Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat