Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

WALIKOTA KOTAMOBAGU: IJAZAH SAJA TIDAK CUKUP BUTUH KETERAMPILAN TIK BAGI ANGKATAN KERJA MUDA DALAM PERSAINGAN KERJA

29-06-2021 oleh BPSDMP Kominfo Manado
Nomor Registrasi Konten: 19-838


IMG 20210629 WA0008

(Kotamobagu, 29 Juni 2021)- Walikota Kotamobagu, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Kotamubagu, Bapak Ir. Hi. Sande Dondo, MT, menyampaikan bahwa di era sekarang ini kemampuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan karena memberikan peran penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam pekerjaan. Karena itu pelatihan seperti Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang bertujuan untuk menyiapkan talenta digital yang memiliki Standar Kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sangat penting. Sande Dondo juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Kominfo melalui BPSDMP Kominfo yang telah memilih Kota Kotamobagu sebagai tempat pelaksanaan VSGA ini. Karena menurut Sande, saat ini untuk bersaing dalam dunia kerja ijazah saja tidak cukp, dibutuhkan keterampilan TIK yang menunjukkan bahwa angkatan kerja muda memiliki kompetensi dibidang TIK. Sambutan ini disampaikan pada pembukaan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, Vocational School Graduate Academy di Hotel Sutan Raja, Kotamobagu, 29 Juni 2021.

Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo, Christiany Juditha,S.Sos,MA dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan VSGA ini diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado. Saat dibuka pendaftaran dimulai tanggal 26 Mei 2021 hingga 28 Juni 2021, jumlah pendaftar terverifikasi sebanyak 117 orang, lalu dilakukan seleksi (administrasi), sehingga mendapatkan 75 peserta yang berhak mengikuti DEA saat ini di Kotamubagu. Dari keseluruhan peserta, 78% berasal dari Kota Kotamubagu, dan sisanya berasal dari Kota Manado, Kabupaten Bolaang Mongondouw, dan sekitarnya.

Sertifikasi SKKNI ini berlangsung selama 5 hari, yang terdiri dari 3 hari membelajaran teori dan praktik oleh tim pengajar dan 2 hari uji kompetensi. Tim pengajar beradasal dari Polteknik Negeri Manado dan BPSDMP Kominfo Manado. Sementara Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang melakukan assessment atau sertifikasi dilakukan oleh LSP Informatika untuk Skema Junior Network Administrator, dan LSP P3 Teknologi Digital untuk skema Junior Web Developer dan Data Management Staf. VSGA ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan; pengajar, panitia serta seluruh peserta wajib Negatif pada Rapid Test Antigen, dan dilaksanakan di 3 ruangan terpisah dengan maksimal 25 peserta setiap kelas/ruangan, seluruh peserta, panitia dan pengajar wajib memakai Masker selama di lokasi kegiatan, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tangan. Panitia sudah menyiapkan masker dan hand sanitizer (*ij).


Label: skkni, bpsdmp kominfo manado, vsga, dts, kotamobagu
Jumlah pengunjung: 175 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat