Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

WALIKOTA TOMOHON: HADAPI PERUBAHAN ZAMAN DENGAN CARA-CARA DIGITAL BARU UNTUK TINGKATKAN EKONOMI

15-04-2021 oleh BPSDMP Kominfo Manado
Nomor Registrasi Konten: 19-764


Gambar

(Tomohon-15 April 2021)- “Saat ini kita berada di dunia yang berubah dengan acepat, beriringan dengan laju perkembangan teknologi informasi komunikasi dan telah mempengaruhi pola hidup yang harus diikuti oleh pemerintah, masyarakat dan umkm, bergulirnya revolusi industri jilid ke4 ielah berdampak pada kehidupan manusia. baik dalam cara berpikir dan berkomunikasi, tetapi juga dalam cara mengelolah pemerintahan, usaha dan perekonomian iermasuk UMKM.” Pernyataan ini disampaikan Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H, saat membuka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) 2021, di Hotel Villa Emitta Tomohon Kamis 15 April 2021. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado.

Lebih jauh Carrol juga menyampaikan dalam menghadapi perubahan dan persaingan itu, kita tidak boleh takut, kita harus menghadapinya sambil beradaptasi dengan cara-cara baru, melakukan terobosan baru, diiringi kecepatan, ketepatan dan kreatifitas. Cara-cara lain yang monoton kita rubah, dengan mengedepankan aplikasi keterampilan, komunikasi yang efektif dan penerapan teknologi digital yang merupakan komponen penting dalam meraih keberhasilan, sehingga membawa perubahan besar dari berbagai aspek kehidupan.

Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo, Christiany Juditha,S.Sos,MA dalam sambutannya mengatakan bahwa data dari Online Data System (ODS) Kementerian Koperasi dan UMKM, menyebutkan bahwa terdapat 9885 UMKM di Kota Tomohon yang terdaftar di Kementerian Koperasi dan UMKM. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan data yang dirilis oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon. Jumlah UMKM yang tidak sedikit ini menjadi modal besar bagi Kota Tomohon dalam usaha peningkatan ekonomi. Sehingga pelatihan DEA yang dilaksanakan diharapkan mampu menjadi modal dan dukungan bagi pemenuhan langkah strategis pelaku UMKM lebih khusus pada masa Pandemik Covid-19 ini.

Di waktu yang sama hadir juga sebagai narasumber adalah Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon Bapak Drs. O.D.S Mandagi dan Kepala Cabang Mandiri Tomohon, Maya Fanda Mawei, SE. Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Tomohon, Novi Politon, SE. MM, bertindak sebagai moderator.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti 40 peserta UMKM yang didominasi oleh pelaku usaha bidang kuliner. Dan kegiatan dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan selama masa pandemi yaitu setiap peserta dan panitia melakukan rapid antigen sebelum mengikuti kegiatan, menggunakan masker selama kegiatan berlangsung serta pembelajaran terbagi dalam kelas-kelas kecil sehingga tidak menumpuk dalam satu ruangan dengan banyak peserta (*ij).


Label: pelatihan, bpsdmp kominfo manado, kota tomohon, 2021, dea
Jumlah pengunjung: 63 Sebarkan :

Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat