Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

WAWALI KOTA PALU APRESIASI KEGIATAN DTS - VGSA KEMENTERIAN KOMINFO MELALUI BPSDMP KOMINFO MANADO

07-09-2021 oleh BPSDMP Kominfo Manado
Nomor Registrasi Konten: 19-921


IMG 20210907 WA0006

(Palu– 07 September 2021) - Bupati Kota Palu H. Hadianto Rasyid, SE yang diwakili oleh Wakil Walikota Ibu dr. Reny A. Lamadjido, SP, PK, M.Kes, dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi Kementerian Kominfo melalui BPSDMP Kominfo Manado yang telah memberikan kesempatan kepada kota Palu untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA). Melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) ini semoga dapat memenuhi percepatan akselerasi transformasi digital di Indonesia khususnya kota Palu, membekali generasi Muda di kota Palu dengan keahlian yang dibutuhkan industri dan memiliki daya saing SDM di bidang TIK. Sambutan ini disampaikan pada pembukaan secara resmi kegiatan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) - Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang dilakukan serentak di dua tempat yakni Hotel Swiss Bell dan Hotel Sutan Raja di Kota Palu memanfaatkan aplikasi virtual conference.

Kepala BPSDMP Kominfo, Drs. Darsa Jaya Hedar, M. AP, menjelaskan dalam sambutanya, Kementerian Kominfo sebagai leading sector dibidang TIK mempunyai Program Pengembangan SDM unggulan yaitu Digital Talent Scholarship atau disingkat DTS, ada delapan "Akademi" di DTS, yakni Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Profesional Academy (ProA), Digital Enterpreneurship Academy (DEA), Government Transformation Academy (GTA), Digital Leadership Academy (CTA), Thematic Academy (TA), dan Talent Scouting Academy (TSA). VSGA sendiri merupakan program pelatihan pengembangan SDM DTS yang ditujukan bagi angkatan kerja muda lulusan program vokasi/kejuruan seperti lulusan SMK, D1, dan D3 bidang TIK. Program ini bertujuan untuk menyiapkan talenta digital yang memiliki Standar Kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Sebagai tambahan bekal peserta dalam mendapatkan maupun menciptakan lapangan kerja beberapa Narasumber juga dihadirkan oleh BPSDMP Kominfo Manado dalam pembukaan kegiatan ini, Dinas Kominfo Kota Palu Bapak Andi Candra, PT, ST, Dinas UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu Ibu Wahyuni Ponulele, M.Pd dan Manager BGES Telkom Palu Bapak Andi Abdul Waris, ST, MM.

Kegiatan ini diikuti oleh 75 peserta angkatan kerja muda yang bedomisili di Kota Palu, Kab. Sigi, Kab. Donggala dan Kota Makasar. Saat dibuka pendaftaran hingga 5 September 2021, jumlah pendaftar terverifikasi sebanyak 167 orang, lalu dilakukan seleksi (administrasi), sehingga mendapatkan 75 peserta yang berhak mengikuti akademi VSGA di Palu. Sertifikasi SKKNI ini akan berlangsung selama 5 hari, yang terdiri dari 3 hari membelajaran teori dan praktik oleh tim pengajar dan 2 hari uji kompetensi. Tim pengajar berasal dari Polteknik Negeri Manado dan BPSDMP Kominfo Manado. Sementara sertifikasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk Skema Junior Network Administrator, Junior Web Developer dan Data Management Staf.


Label: skkni, bpsdmp kominfo manado, vsga, dts, luring, palu
Jumlah pengunjung: 667 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat