Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BEASISWA S2 & S3 BIDANG KOMINFO Sebarkan :

Webinar Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Kominfo 2022 Part II

08-04-2022 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 42-1179


Webinar Beasiswa S2 Part II

Jakarta (08/04/2022) – Dalam rangka terus mempublikasikan Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Bidang Kominfo, Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo kembali menyelenggarakan Webinar Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Kominfo 2022. Webinar edisi kedua, dengan tema “Prepare Yourself for a Scholarship: Bagaimana cara meraihnya?” ini, diselenggarakan pada Jumat (08/04) secara daring melalui Zoom dan disiarkan melalui streaming kanal YouTube KemenkominfoTV dan BLSDMKominfo.

Dihadiri narasumber dari STEI ITB, IIIT Bangalore, dan UEC Tokyo

Berbeda dengan sebelumnya, webinar kali ini menghadirkan narasumber dari STEI ITB Bandung, IIIT Bangalore India, dan UEC Tokyo Jepang. Ketiga perguruan tinggi tersebut merupakan mitra Program Beasiswa S2 pada bidang informatika.

Pada paparan sekaligus sambutan pembukanya Sekretaris Badan Litbang SDM, Haryati kembali menegaskan bahwa Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Kominfo ini merupakan salah satu tindak lanjut atas arahan Presiden terkait upaya penyiapan dan pemenuhan kebutuhan SDM talenta digital. Haryati juga menjelaskan bahwa Kementerian Kominfo memiliki sejumlah program pengembangan SDM digital, meliputi:

  1. Pelatihan literasi digital yang menyasar masyarakat umum;
  2. Pelatihan talenta digital serta beasiswa talenta digital yang menyasar para pekerj, mahasiswa, dan lulusan SMK; serta
  3. Pelatihan pemimpin digital yang menyasar para praktisi di tingkat pimpinan.

Masa kerja minimal 2 tahun di bidang TIK, menjadi salah satu syarat

Haryati juga tak lupa menyampaikan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti Program Beasiswa S2 ini. Beberapa persyaratan tersebut, yaitu memiliki masa kerja di bidang TIK minimal 2 tahun, berusia maksimal 37 tahun bagi PNS/TNI/Polri dan maksimal 33 tahun bagi masyarakat umum, belum memiliki gelar S2, dan tentunya mendaftar pada kelas regular.

Webinar kemudian dilanjutkan dengan paparan dari setiap narasumber perwakilan ketiga perguruan tinggi yang hadir. Diawali dengan paparan dari Koordinator Program Magister Teknik Elektro Opsi Layanan Teknologi Informasi ITB, Yoanes Bandung.

Ada dua opsi di Magister Teknik Elektro ITB

Dalam paparannya Yoanes menyampaikan bahwa terdapat dua opsi studi Magister Teknik Elektro yang bekerja sama dengan program beasiswa Kominfo. Opsi pertama, yaitu Layanan Teknologi Informasi atau pada kurikulum terbaru dinamakan Transformasi Layanan Digital.

Opsi kedua, yaitu Rekayasa dan Manajemen Keamanan Informasi (RMKI). Lebih lanjut Yoanes menjelaskan bahwa opsi RMKI ini masih khusus diperuntukkan bagi penerima beasiswa dari kalangan PNS/TNI/Polri.

Alumni turut berbagi pengalaman kuliah di IIIT Bangalore

Paparan kemudian dilanjutkan oleh Associate Professor at IIIT Bangalore (IIIT-B), Amit Prakash. Dalam paparannya Amit menyampaikan bahwa IIIT-B bekerja sama dengan Kominfo dalam program beasiswa sejak 6 tahun lalu melalui prodi Digital Society.

Prodi Digital Society ini sendiri hadir sejak 8 tahun lalu di IIIT-B. Pada kesempatan ini juga diisi dengan sesi berbagi pengalaman dari dua alumni IIIT-B asal Indonesia, yaitu Hotma Uli Octavia Tampubolon dan Wildan Namora Ichsan Setiawan.

Keduanya sepakat bahwa IIIT-B merupakan kampus yang menyenangkan. Lebih lanjut keduanya menyampaikan bahwa rata-rata mahasiswa di sana merupakan mahasiswa internasional, yang berasal dari berbagai negara.

Summer bootcamp di UEC Tokyo

Paparan terakhir diisi oleh alumni UEC Tokyo Jepang tahun 2017, Krishna Priawan Hardinda. Mewakili kampus UEC Tokyo, Krishna menyampaikan pengalamannya kuliah di sana.

Krishna menjelaskan bahwa masa kuliah di UEC Tokyo cukup lama, yaitu 2,5 tahun. Semester pertama merupakan masa research student yang diisi sejumlah kegiatan, seperti kursus bahasa Jepang –yang akan sangat berguna pada saat masa perkuliahan dan bersosialisasi– serta penyusunan proposal riset dipandu oleh para profesor dari laboratorium yang kita pilih.

Sepanjang perkuliah di sana kita akan mengikuti banyak kegiatan menarik lainnya, seperti summer bootcamp, yang memungkinkan kita bertemu dengan mahasiswa/i dari kampus lain untuk membuat proyek Bersama. Satu hal yang pasti di UEC tidak ada ujian tertulis dalam penentuan nilai, dan diganti dengan proyek akhir di setiap mata kuliahnya.

Ayo, daftar!

Webinar kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber/pembicara. Nah, bagi Sobat Litbang yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S2 melalui Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Kominfo, bisa kunjungi laman beasiswa.kominfo.go.id, karena masih ada sejumlah kampus yang membuka pendaftarannya. (Pubdokpus/G/RAF)


Label: tokyo, uec, iiit-b, bangalore, iiit, itb, stei, bandung, teknologi, institut, informatika, dan, elektro, teknik, sekolah, sdm, litbang, badan, 2022, anggaran, tahun, kominfo, bidang, negeri, luar, dalam, s2, beasiswa, webinar
Jumlah pengunjung: 1454 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat