Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BEASISWA S2 & S3 BIDANG KOMINFO Sebarkan :

Webinar Info Sesi Program Beasiswa S2 Luar Negeri Tahun 2021

23-02-2021 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 42-733


Webinar Info Sesi Beasiswa S2 Luar Negeri

Jakarta (23/02/2021) – Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo kembali membuka program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Bidang Kominfo pada tahun 2021. Untuk memberikan informasi terkait program tersebut, Badan Litbang SDM melalui Tim Pengembangan SDM mengadakan Webinar Info Sesi Program Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Kominfo Tahun 2021, pada Selasa (23/02) secara virtual lewat Zoom.

Sempat Ada Program Beasiswa S3 Luar Negeri

Lewat webinar ini dikupas tuntas persyaratan umum, mekanisme pendaftaran, hingga pembiayaan program Beasiswa S2 Luar Negeri. Dalam webinar ini, Hendra Fatadona selaku Koordinator Perencanaan, Program, dan Pelaporan Badan Litbang SDM menjelaskan bahwa program beasiswa ini sebelumnya tidak hanya untuk S2, tapi juga untuk S3.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan bahwa program beasiswa S3 dihentikan pada tahun 2018. Ia berharap bahwa program beasiswa S3 dapat dibuka kembali pada tahun 2022.

Penerima Beasiswa Akan Dibiayai Penuh, Termasuk Keluarganya

Kemudian Hendra menjelaskan sejumlah persyaratan beasiswa, seperti pendaftaran/seleksi dan pembiayaan. Seleksi beasiswa akan dilaksanakan secara paralel antara proses seleksi di Kementerian Kominfo dengan seleksi di kampus mitra.

Untuk pembiayaan, Program Beasiswa S2 Luar Negeri secara umum menanggung penuh seluruh biaya penerima beasiswa, mulai dari tuition fee, tunjangan buku, transportasi, hingga biaya hidup. Khusus untuk biaya hidup, ini termasuk tunjangan keluarga (jika ada anggota keluarga yang ikut tinggal di negara tujuan, maksimal dua orang) sebesar 20% dari biaya hidup penerima beasiswa yang baru diberikan setelah bulan ke-7.

Dihadiri Mitra Kampus dari University of Twente, Tsinghua University, dan IIIT-Bangalore

Dalam webinar ini hadir pula perwakilan dari tiga kampus mitra, yaitu Drs. Karin F. Paardenkooper dari University of Twente (UT), Prof. ZHU Xufeng dari Tsinghua University, dan Prof. Amit Prakash dari IIIT-Bangalore. Ketiganya secara bergantian memberikan paparan singkat tentang program studi dan universitasnya.

Diawali dengan paparan dari Karin yang menyampaikan sejumlah hal, salah satunya terkait pembiayaan penuh dari Kementerian Kominfo dan UT memberikan 20% tuition fee. Di akhir sesinya Karin mengundang seluruh peserta webinar untuk hadir dalam UT Open Days pada tanggal 11 s.d. 13 Maret yang akan dilaksanakan secara daring dengan mendaftar lewat https://www.utwente.nl/en/opendays/.

Dilanjutkan dengan paparan dari Xufeng yang menyampaikan bahwa salah satu program master yang bekerja sama dengan Kementerian Kominfo bertujuan untuk turut membangun Indonesia lewat penguatan sumber daya manusianya. Xufeng juga menambahkan bahwa selama pandemi proses pembelajaran akan dilaksanakan secara daring.

Tiba giliran Amit yang menjelaskan bahwa program kerjasama beasiswa ini telah berjalan selama empat tahun. Ia turut menambahkan bahwa program master digital society di IIIT-B bertujuan untuk membentuk masyarakat digital yang demokratis.

Amit juga mempersilakan salah satu alumni IIIT-B tahun 2020 dari Indonesia, Hario Bismo Kuntarto mempresentasikan dirinya. Hario menjelaskan bahwa untuk masuk program studi ini tidak harus dari latar pendidikan TI di jenjang studi sebelumnya.

Hario menjelaskan kembali bahwa untuk kelulusan, kampus memberikan pilihan dengan melakukan riset/tesis atau dengan magang di perusahaan. Selain itu dia menambahkan bahwa kampus ini merupakan kampus khusus TIK yang memberikan kesempatan luas kepada para mahasiswanya untuk mengembangkan diri, bahkan seat-in di jurusan lain yang tidak diambil oleh mahasiswa.

Di sesi QnA, antusias para peserta webinar benar-benar tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk via fasilitas QnA Zoom Webinar.

Dan dari sekian banyak pertanyaan, sepuluh di antaranya ditanyakan langsung kepada narasumber dan mitra. Webinar ditutup dengan pemberian giveaway kepada sepuluh penanya yang dipilih panitia.

Masih Ada Kesempatan Mendaftar

Nah, bagi #Solit yang tertarik untuk ikut program beasiswa ini, masih bisa mendaftar sampai dengan 28 Februari 2021 untuk tujuan Tsinghua University serta skema Kominfo-StuNed, dan paling lambat 19 Maret untuk tujuan University of Twente di Belanda, IIIT-Bangalore di India, Eotvos Lorand University di Hungaria, dan The University of Electro Communications di Jepang. Daftar, yuk!

===

Pubdokpus – Kontributor: Gaturi; Redaktur: Riguna A. Fazar

Label: badan, litbang, sdm, kementerian, kominfo, webinar, info, sesi, program, beasiswa, s2, luar, negeri, tahun, 2021
Jumlah pengunjung: 276 Sebarkan :

Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat