Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

PELATIHAN BAGI APARATUR & MASYARAKAT Sebarkan :

Workshop Pengembangan Smart City

08-03-2021 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 45-745


Kepala Badan Litbang SDM, Hary Budiarto

Jakarta (08/03/2021) – Badan Litbang SDM berusaha memperkuat SDM internalnya dan Kementerian Kominfo melalui kegiatan workshop. Penguatan SDM kali ini diawali dengan workshop dengan tema pengembangan smart city, dan nanti akan diikuti dengan berbagai tema lainnya.

Bekerjasama dengan ITB, Workshop Diikuti 251 Peserta

Workshop Pengembangan Smart City ini diselenggarakan mulai tanggal 8 Maret hingga 21 April 2021. Workshop ini bekerjasama dengan ITB Executive Education selaku penyelenggara workshop.

Workshop dibuka secara virtual melalui Zoom dengan diawali laporan Sekretaris Badan Litbang SDM, Haryati. Dalam laporan pembukanya Haryati menyampaikan tujuan kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan kapasitas SDM di Kementerian Kominfo dalam pengembangan smart city.

Lebih lanjut Haryati menyampaikan bahwa hingga saat ini workshop diikuti oleh 251 peserta. Jumlah tersebut terdiri atas 229 ASN dan 22 PPNPN yang berasal dari seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian Kominfo.

Workshop Ini Untuk Meningkatkan Kompetensi Digital SDM Kementerian Kominfo

Sementara itu Kepala Badan Litbang SDM, Hary Budiarto dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa workshop ini merupakan kegiatan dalam rangka peningkatan kompetensi digital bagi SDM internal Kementerian Kominfo. Hal ini sesuai arahan Menteri Kominfo yang meminta adanya transformasi digital dan perubahan proses bisnis di Kementerian Kominfo.

Lebih lanjut Hary menjelaskan alasan pemilihan smart city sebagai opsi pertama dalam rangka penguatan kapasitas SDM Kementerian Kominfo. Menurutnya Tim Kementerian Kominfo seringkali dimintai bantuan untuk membangun smart city di daerah.

Tak lupa pula Hary memberikan arahan bahwa seluruh peserta harus memahami konsep smart city secara utuh. Pemahaman itu meliputi permasalahan dan potensi kota sebagai suatu sistem; tata kelola mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; serta pemanfaatan teknologi, proses yang tepat, dan SDM yang siap.

Workshop Secara Daring Menggunakan Eduplatform ITB

Tim ITB selaku penyelenggaran workshop turut menyampaikan penjelasan teknis mengenai materi yang akan diberikan selama workshop. Sejumlah materi yang diberikan, yaitu:

  • Dinamika permasalahan kota;
  • Sustainable development goals;
  • Terminologi dan tren smart city;
  • Standarisasi smart city;
  • Framework pengembangan smart city;
  • Organisasi, tata kelola, dan manajemen perubahan untuk smart city;
  • Enterprise architecture smart city;
  • Transformasi digital untuk mendukung implementasi smart city;
  • Perencanaan kawasan perkotaan sesuai standar pelayanan minimal; dan
  • Smart city living lab.

Selama workshop materi akan disampaikan secara daring melalui LMS digital yang dikembangkan oleh ITB, yaitu Eduplatform yang dapat diakses oleh para peserta menggunakan akun yang diberikan. Di dalamnya telah tersedia sejumlah fitur, seperti forum diskusi, webinar, video dan materi ajar, hingga penilaian serta sertifikat.

===

Pubdokpus – Kontributor: Gaturi; Redaktur: Riguna A. Fazar

Label: workshop, kominfo, pengembangan, badan, litbang, sdm, internal, kementerian, manusia, daya, sumber, smart, city, penguatan, itb, executive, education
Jumlah pengunjung: 123 Sebarkan :

Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat