Logo Kemkominfo
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

BERITA Sebarkan :

Workshop Penulisan KTI Bagi Dosen dan JFT Lainnya

24-06-2022 oleh RAF
Nomor Registrasi Konten: 19-1287


Workshop KTI

Yogyakarta (24/06/2022) – Pemerintah telah melakukan penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan jabatan struktural ke dalam sejumlah jabatan fungsional tertentu (JFT). Di lingkungan Badan Litbang SDM sendiri terdapat sejumlah kelompok JFT, seperti Peneliti, Dosen, Widyaiswara, Instruktur, Pranata Komputer, dan lainnya.

Menulis KTI salah satu sumber angka kredit terbesar

Dalam pengembangan kariernya, setiap JFT perlu mengumpulkan angka kredit dan salah satu sumber angka kredit terbesar, yaitu melalui penulisan karya tulis ilmiah (KTI). Untuk mendukung hal itu, Badan Litbang SDM mengadakan workshop penulisan karya tulis ilmiah bagi para Dosen dan JFT lainnya.

Workshop penulisan KTI ini berlangsung secara luring di L Hotel Royale, Yogyakarta, selama dua hari pada 24 – 25 Juni 2022. Workshop bertajuk “Improving the Capability of Writing Quality for Successful Journal Publication” ini diikuti pula oleh sejumlah peserta secara daring melalui Zoom.

Workshop ini fasilitas untuk dapat menyusun KTI berkualitas

Dalam laporan pembukanya, Sekretaris Badan Litbang SDM, Haryati menyampaikan bahwa workshop ini merupakan fasilitas bagi para Dosen dan JFT lainnya untuk dapat menyusun KTI berkualitas. Sebelum pelaksanaan KTI ini –pihak Kepegawaian Badan Litbang SDM– telah mensurvei 141 responden, dengan hasil:

  • 62 responden di antaranya sudah pernah menulis dan dipublikasikan;
  • 11 responden pernah menulis dan belum dipublikasikan; dan
  • 68 responden lainnya belum pernah menulis dan belum dipublikasikan.

Seusai pembukaan, mewakili Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan BRIN, Dodi Rosadi berkesempatan menyampaikan kuliah umum tentang manfaat menulis bagi ASN. Dodi merupakan seorang Pranata Humas Ahli Madya yang –menurut pengakuannya– mulai rajin menulis sejak pandemi.

Terbagi menjadi dua kelas

Para peserta workshop kemudian dibagi menjadi dua kelas. Kelas A bagi para peserta yang telah memiliki pengalaman menulis dan Kelas B bagi yang belum memiliki pengalaman menulis.

Kelas A dipandu oleh Analis Kepegawaian Pertama Sekretariat Badan Litbang SDM, Fakhrizal Lukman Budiono selaku moderator. Instruktur di kelas ini, yaitu Plt. Kepala Pusat Riset Preservasi Bahasa dan Sastra BRIN –yang juga Peneliti Ahli Utama– Katubi.

Sementara kelas B dimoderatori oleh Dodi. Dan instruktur di kelas ini, yaitu Ketua Umum Asosiasi Penerbit Jurnal Komunikasi Indonesia sekaligus Dosen UPN V Yogyakarta, Puji Lestari. (Pubdokpus/G/RAF)


Label: sekretariat badan litbang sdm, jft lainnya, dosen, kti, karya tulis ilmiah, penulisan, workshop
Jumlah pengunjung: 219 Sebarkan :

Sekilas Kepala Badan Litbang SDM
Digital Talent Scholarship
SIMONAS
e-Journal Badan Litbang SDM
STMM Yogyakarta
BPPTIK Cikarang
Pusdiklat Kemkominfo
Perpustakaan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo
Forum
Banner Ayo Kerja! Banner Berani Jujur Hebat