Logo
Puslitbang Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika

BERITA Sebarkan :

200 Pegiat UMKM Siap Lebarkan Sayap Usaha Setelah Ikuti Pelatihan Dasar-Dasar Kewirausahaan Digital

28-06-2022 oleh Admin Balitbang SDPPI WhatsApp Image 2022 06 30 at 7 48 52 AM j

Serpong, 28 Juni 2022 - Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dibawah Badan Litbang SDM – Puslitbang SDPPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali mengadakan “Pelatihan Dasar-Dasar Kewirausahaan Digital Kota Tangerang Selatan” pada Senin tanggal (27-28/6) silam.

Diadakan selama dua hari, “Pelatihan Dasar -Dasar Kewirausahaan Digital dibagi menjadi delapan kelas dengan masing-masing 100 orang target peserta yang diadakan di dua lokasi, yakni bertempat di Hotel Grand Zuri dan Swiss-Belhotel. Dalam durasi dua hari, peserta telah dilatih oleh Instruktur dan asisten Instruktur yang terdiri dari delapan orang asisten dan delapan asisten instruktur. Para intrukstur tersebut merupakan utusan trainer dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Di hari pertama, peserta mempelajari materi yang terdiri dari adopsi digital bisnis UMKM, digital marketing canvas, pengenalan Google Bisnis, website, dan SEO. Di hari kedua, peserta akan mempelajari materi yang terdiri dari sosial media marketing, pemasaran konten, dan mengelola toko online. Nantinya, peserta tidak hanya mempelajari teori secara pasif, namun peserta juga akan langsung menerapkan ilmu yang didapat melalui praktik agar bisa langsung diimplementasikan secara riil di usahanya masing-masing.

Nawatma Candra Dewi, peserta dari Kota Depok yang telah merintis usahanya sejak tahun 2019 turut membagi pengalamannya. “Saya punya usaha UMKM yang bergerak di bidang kuliner bernama Pawon Tombo, disana saya berjualan Herbanuz yaitu produk minuman rempah dan RadenRoa yaitu sambal ikan asap. Menurut saya pelatihannya mantap banget, kedepannya saya mau belajar lebih banyak mengenai pengelolaan website.” ujar Nawatma.

Selain itu, Nur Setyawati atau sering di panggil Ucha, merupakan salah satu peserta difabel yang gigih dalam mengikuti pelatihan. Ucha yang memiliki UMKM di Kota Depok pun membagikan pengalaman pelatihannya. “Usaha saya bergerak di bidang kuliner bernama Gudeg Bu Sukma. Menurut saya pelatihan ini sangat bagus dan materinya daging banget, trainernya juga menerangkan materinya dengan detail dan sabar. Mereka benar-benar mau mengupas tuntas materinya kepada peserta.” ujar Ucha.

“Saya berharap kedepannya akan ada bimbingan usaha, supaya teman-teman UMKM bisa maju, terutama yang kemarin usahanya sempat terkendala pandemi.” ujar Ucha.

Melalui “Pelatihan Dasar-Dasar Kewirausahaan Digital”, Digital Entrepreneurship Academy (DEA) sebagai penyelenggara pelatihan berharap bahwa program yang diberikan untuk masyarakat tersebut dapat membekali wirsausaha untuk memiliki kemampuan digital, sehingga UMKM dapat pulih bersama dari masa pandemi.


Label: pelatihan, tangerang selatan , ddkd