Dalam rangka persiapan pelaksanaan penelitian Studi Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi di IndonesiaIndustri Telekomunikasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika (SDPPPI), Badan Penelitan dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 14 Februari 2018 di Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK), Ciputat.
Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia ini adalah untuk melakukan penyusunan proposal penelitian yang akan dilaksanakan
Kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia ini mencakup penelitian di Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika dengan peserta yang terdiri dari para peneliti dan staf di Puslitbang SDPPPI, Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 14 Februari 2018 di BPRTIK Ciputat. Kegiatan Konsinyering tersebut diikuti oleh para peneliti dan staf di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pembukaan kegiatan konsinyering disampaikan oleh Harjani Retno Sekar H selaku Kepala Bidang PPI. Dalam kegiatan ini, dibahas beberapa hal, yaitu :
Simpulan dari pelaksanaan kegiatan Konsinyering Proposal Analisis Konsolidasi untuk Mendukung Efisiensi Industri Telekomunikasi di Indonesia adalah diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik dalam melaksanakan penelitian ini, mengingat banyak data pendukung penelitian yang diperlukan dan cenderung sulit untuk diperoleh.