Logo
Puslitbang Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika

BERITA Sebarkan :

Konsinyering Studi Bidang 5G

14-02-2021 oleh Rebas ilustrasi 5G

Dalam rangka pembahasan dan penyusunan program penyelenggaraan penelitian tahun 2021, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika (SDPPPI), Badan Penelitan dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan rapat kegiatan Penelitian 5G.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2021 di Hotel Santika Premiere Bintaro, - Tangerang Selatan, dengan tetap mengikuti Protocol Covid-19 selama kegiatan berlangsung serta kegiatan ini dapat diikuti oleh peserta dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Acara dibuka oleh Riza Azmi selaku Koordinator Bidang Penyelenggaraan Penelitian. Kemudian dilanjutkan Pengantar dari Kepala Puslitbang SDPPPI yaitu Ir. Bonnie M Thamrin Wahid, M.

Pemaparan Topik Penelitian 2021 di bidang 5G ini dibuka oleh beberapa peneliti, Sri Ariyanti selaku Koordinator Penelitian tentang Studi Pemetaan Potensi Penggelaran Jaringan 5G di Pita Frekuensi 3,5 GHz bermaksud untuk Menghasilkan peta pengguna frekuensi 3,5 GHz di Indonesia dan Menghasilkan peta dan menganalisis daerah yang berpotensi untuk digelar teknologi 5G pada pita frekuensi 3,5 GHz.

Berbeda halnya Studi Kebutuhan Use Case 5G untuk Pemerintah Daerah di Indonesia yang dikoordinir oleh Shera Mayangsari Suwito, kami akan Memetakan use case 5G berdasarkan kebutuhan jasa telekomunikasi di suatu daerah sesuai dengan rencana pemerintah daerah setempat dan Kementerian Kominfo mengetahui use case 5G yang sesuai dengan kebutuhan daerah, khususnya dalam mendukung pengembangan sektor strategis di daerah tersebut. Ujarnya.

Terakhir mengenai Penyelenggaraan Dark Fiber di Era 5G, Ibu Diah Yuniarti selaku Koordinator Penelitian memaparkan bahwa tujuan dari studi ini adalah Mengetahui bagaimana bisnis penyediaan Dark Fiber dapat diperlakukan sebagai bagian dari penyelenggaraan telekomunikasi, bagaimana benchmark pengaturan dark fiber di negara lain, bentuk regulasi seperti apa yang diperlukan serta model bisnis dan SLA nya seperti apa.


Label: 5g, dark fiber, case 5g, jaringan pita, 3, 5 ghz