Logo
Banner logo BPSDMP Kominfo Bandung

BERITA Sebarkan :

Kegiatan Pengumpulan Data Penelitian Aspirasi Daerah di Bidang Kominfo Tahun 2017 di Kabupaten Cirebon

17-05-2017 oleh Admin BPPKI Bandung 01

Salah satu program kegiatan penelitian pada tahun anggaran 2017, adalah penelitian Aspirasi Daerah di bidang Kominfo yang pada tahun ini berjudul “Kesiapan Daerah Menuju Jabar Smart Province”. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan focus group discussion (FGD) dan dilaksanakan di 6 (enam) kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Cirebon, Kota Banjar, Kota Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, dan Kota Cimahi. Tujuan dari penelitian tersebut adalah ingin merumuskan konsep mengenai Jabar Smart Province dan mengetahui kesiapan daerah menujua Jabar Smart Province.

Pengumpulan data untuk Kabupaten Cirebon telah dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Mei 2017 hingga Sabtu, 20 Mei 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai informan penelitian yang terdiri dari: Kepala Diskominfo Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon, Kepala Desa Sumur Kondang Kabupaten Cirebon, Relawan TIK, Dosen, Guru SMK, dan KIM.

Pengumpulan data juga dilakukan melalui focus group discussion (FGD), yang dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Mei 2017, hadir pada acara diskusi tersebut masing-masing perwakilan dari Diskominfo, Disdukcapil, Dinkop KUKM, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Bappeda, perwakilan unsur masyarakat. Acara dibuka oleh Kabid Aptika, Drs. Yadi Wikarsa, M.Si, dalam kata sambutannya beliau mengatakan bahwa beliau menyambut baik kegiatan penelitian tersebut, apalagi di era digital saat ini mau tidak mau perangkat daerah harus berubah dan memanfaatkan perkembangan TIK dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari terutama dalam melaksanakan pelayanan untuk publik. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian maksud dan tujuan pelaksaan FGD oleh ketua Tim Peneliti dari BPPKI Bandung C.Suprapti Dwi Takariani, SH, M.Si. Pelaksanaan FGD dipandu oleh Diana Sari, ST, MT dan Didit Praditya, ST, MT.


Label: berita, bppki bandung