Logo
Banner logo BPSDMP Kominfo Banjarmasin

BERITA Sebarkan :

Thematic Academy: Empat Lokasi Pelatihan di Tiga Kota

24-06-2022 oleh Prawida Kirana Picture1

Empat tim kerja ditugaskan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo (BPSDMP Kominfo Banjarmasin). Mulai dari tanggal 20 s.d 24 Juni 2022, tim-tim ini ditempatkan di empat lokasi berbeda di tiga kota untuk mengadakan kegiatan Thematic Academy. Pelatihan talenta digital ini terus dilakukan sebagai komitmen BPSDMP Kominfo Banjarmasin demi terus menjangkau sebanyak-banyaknya peserta pelatihan yang akan difasilitasi untuk menambah wawasan dan keahlian khususnya di bidang digital.

Pelatihan-pelatihan tersebut adalah Video Content Creator di Hotel Ibis Samarinda dan Hotel Daffam Banjarbaru, Basic Cyber Security untuk Sektor Kesehatan di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, serta tema Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis bagi Pengelola Pesantren, Guru, Tenaga Kependidikan dan Madrasah di Hotel Aquarius Palangkaraya. Total peserta pelatihan di empat lokasi tersebut sejumlah 350 peserta, untuk tema Video Content Creator dan Cyber Security pelatihan berlangsung selama tiga hari, sedangkan untuk Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis selama lima hari.

Bapak Abdul Rahman Harahap, selaku Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin berkesempatan memberikan sambutan di lokasi pelatihan Hotel Aquarius Palangka Raya, yang pesertanya adalah para Pengelola Pesantren, Guru, dan Tenaga Kependidikan Madrasah. “Rencana kami 3000 peserta pelatihan di Kalimantan Tengah bisa kami capai, kami juga berharap semoga ilmu yang diperoleh tidak hanya bermanfaat bagi Bapak Ibu peserta pelatihan namun juga rekan sejawat nantinya”, ungkap Bapak Abdul Rahman mengawali kegiatan pelatihan ini.

Kegiatan Thematic Academy bagi Pengelola Pesantren, Guru, Tenaga Kependidikan dan Madrasah ini adalah bentuk kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Kementerian Agama untuk bersama bertransformasi digital, BPSDMP Kominfo kemudian turut mengimplementasikan kerja sama itu di daerah yaitu dengan berkoordinasi bersama Kementerian Agama Palangkaraya.

Kegiatan Pelatihan tema Administrasi Perkantoran membekali para peserta dengan ilmu-ilmu penggunaan perangkat lunak yang umumnya dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan, seperti spreadsheet hingga perangkat lunak presentasi.

Di saat yang sama Pelatihan Video Content Creator berjalan di Samarinda dan Banjarbaru, dua lokasi pelatihan ini bermitra dengan total lima orang pengajar, untuk di Samarinda oleh Bapak Dwi Kurniawan Muhartono dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Samarinda, Bapak Dedi Priansyah dari Relawan TIK Kaltim dan Bapak Fariszal Nova Arviantino dari Wiken Asia Digital Agency. Video Content Creator merupakan salah satu tema pelatihan yang selalu tinggi peminatnya, mengingat memang di era digital ini, video menjadi salah satu media penyampaian informasi yang sering dimanfaatkan dan dianggap dapat menarik lebih banyak audiens.

Tema lainnya adalah Pelatihan Cyber Security untuk Sektor Kesehatan yang diadakan di Swiss-Belhotel Palangkaraya, pelatihan ini diisi dengan materi-materi yang diharapkan nantinya dapat membantu para tenaga pelayan kesehatan memahami berbagai solusi perlindungan keamanan dan keselamatan berbasis teknologi informasi di dunia Kesehatan, materi yang diberikan mulai dari konsep dasar keamanan dunia maya, dasar – dasar keamanan jaringan, konsep keamanan, kepatuhan dan identitas, bagaimana dukungan Microsoft dalam pengadopsian cloud sebagai bagian dari solusi keamanan dunia internet, serta bagaimana kasus kebocoran data di dunia kesehatan dan solusi keamanannya oleh Microsoft.

Semua peserta di tiga kota pelatihan terlihat antusias mengikuti semua agenda kegiatan hingga akhir, para peserta berharap BPSDMP Kominfo Banjarmasin dapat terus menyelenggarakan kegiatan pelatihan dengan berbagai tema.


Label: banjarbaru, desain grafis , digital talent scholarship , palangkaraya , samarinda , thematic academy , video content creator