Logo
Logo BBPSDMP Kominfo Makassar

BERITA Sebarkan :

Dorong UMKM Tembus Pasar Global, BBPSDMP Kominfo Makassar Gelar Pelatihan bagi Pelaku Usaha Pemula dan IRT

01-06-2022 oleh Fadly Aprianto 6FE7B5B4 19CB 4E3B B406 3CE00E1B9B16 j

Manokwari (30/5) - Kewirausahaan (entrepreneurship) sangat erat kaitannya dengan inovasi dan memanfaatkan peluang baru, agar dapat adaptif terhadap perubahan yang terjadi di era digital saat ini. Untuk mendorong hal tersebut, BBPSDMP Kominfo Makassar berkolaborasi dengan Dinas Kominfo dan Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Manokwari menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Entrepreneurship bagi pelaku usaha UMKM dan para ibu rumah tangga, yaitu “Digital Entrepreneurship Academy (DEA)” yang bertempat di Hotel Aston Niu Manokwari pada tanggal 30-31 Mei 2022.

Tabuhan tifa menandai dibukanya Kegiatan DEA Manokwari secara resmi oleh Asisten III Setda Manokwari, Dra. Mersiana Djalimun. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan “Ekonomi digital di era revolusi industri 4.0 ini, merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi pelaku usaha untuk menembus pasar lebih luas. Melalui teknologi digital, pelaku usaha dapat meningkatkan akses ke pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan pendapatan, membuka akses ke pasar luar negeri, transaksi yang lebih mudah, dan biaya yang lebih murah. Oleh karena itu, kegiatan DEA ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas UMKM agar siap dan mampu menghadapi persaingan ekonomi serta mendorong pelaku usaha dan UMKM menjadi instrumen pertumbuhan ekonomi”.

Disamping itu, Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar yang diwakili oleh Emilsyah Nur, S.Sos., M.I.Kom mengungkapkan, “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo dalam upaya mengembangkan program pembangunan SDM bagi UMKM agar memiliki pengetahuan dan mampu berwirausaha secara digital dalam rangka meningkatkan keterampilan digital UMKM secara komprehensif sesuai kebutuhan pelaku usaha”.

DEA Manokwari dilaksanakan secara paralel dalam dua tema, yaitu “Dasar-Dasar Kewirausahaan Digital” bagi pelaku UMKM yang diikuti secara langsung oleh 50 peserta dan “Women in Digital Entrepreneurship (WiDE)” bagi ibu rumah tangga yang diikuti oleh 100 peserta. Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan mampu meningkatkan nilai usaha bahkan memulai usaha baru melalui pengaplikasian business model canvas yang telah diberikan pada saat pelatihan. Selain itu, khusus untuk ibu rumah tangga, juga mendapatkan materi pelatihan terkait pengelolaan keuangan. (FA)


Label: dea, digitalent , entrepreneurship , manokwari , bbpsdmp , cerdas menabung , makassar