Logo
Logo BBPSDMP Kominfo Makassar

BERITA Sebarkan :

Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI menghadiri VSGA di Kabupaten Manggarai Barat

23-07-2022 oleh Much. Akmal Jaya dji mimo 20220720 083156 990 1658563962538 photo

Pada hari ini (23/7/22), Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Kabupaten Manggarai Barat secara resmi ditutup. Pelatihan ini telah dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 19 Juli lalu. Dalam pelatihan kali ini, BBPSDMP Kominfo Makassar selaku penanggungjawab kegiatan menyelenggarakan dua skema pelatihan yang diperuntukkan kepada lulusan pendidikan program vokasi, yaitu SMK/Diploma yang nantinya diharapkan akan menjadi talenta-talenta digital baru yang kompeten dibidang masing-masing sesuai dengan kompetensi yang diikuti.

Skema pelatihan yang diselenggarakan adalah kelas Data Management Staff (DMS), dan juga kelas Junior Network Administrator (JNA). Kelas DMS diikuti oleh 30 peserta dan kelas JNA diikuti oleh 25 peserta. Total keseluruhan peserta yang berjumlah 55 orang tersebut telah menjalani pelatihan intensif selama 3 hari oleh instruktur yang ahli dibidangnya, kemudian dilanjutkan mengikuti uji kompetensi oleh asesor dari LSP Teknologi Digital selama 2 hari.

Pelaksanaan kegiatan ini juga bertepatan dengan agenda internasional G20 yang di laksanakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat yang hadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo beserta Menteri dan para pejabat eselon satu. Oleh karena itu, pada saat pembukaan kegiatan, Kepala Badan Litbang SDM Kominfo RI, Bapak Dr. Eng. Hary Budiarto, M.Kom, IPM, menyempatkan hadir dan membuka pelatihan VSGA Kabupaten Manggarai Barat secara resmi.

Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa Kabupaten Manggarai Barat harus bergegas meningkatkan kompetensi SDM-nya dalam berbagai bidang terutama dibidang IT. Peluang besar yang dimiliki oleh Kabupaten Manggarai Barat sebagai salah satu daerah wisata yang didatangi oleh berbagai pengunjung baik lokal maupun dari manca negara, justru akan menjadi tantangan kedepannya sehingga harus mempersiapkan diri dengan baik sejak awal untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang tersebut.

Maka dari itu, Kepala Badan Litbang SDM Kominfo berharap bahwa dengan diadakannya Pelatihan VSGA ini, semoga bisa membantu pemerintah daerah untuk mengembangkan SDM yang ada di Kabupaten Manggarai Barat terutama dibidang IT sehingga terlahir talenta-talenta digital baru yang kompeten di bidangnya.

Dalam acara pembukaan tersebut, turut hadir Bapak Dr. R. M. Agung Harimurti selaku Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar; Bapak Yeremias Ontong, SP selaku Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Manggarai Barat; dan Bapak Paulus Setahu, S.Sos selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Barat.

Sebelumnya, BBPSDMP Kominfo Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat telah melaksanakan beberapa Program Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) dari Kementerian Kominfo dengan berbagai skema pelatihan, diantaranya DEA, TA, dan juga VSGA.

Sebagai kata penutup, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mengucapkan banyak terimakasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, pada program DTS yang telah dilaksanakan dalam rangka pengembangan SDM di Kabupaten Manggarai Barat sebagai bagian dari pembentukan generasi “Jadi Jagoan Digital”. (MAJ)


Label: manggarai barat, labuan bajo , digitalent , jna , dms , vsga , dts , bbpsdmpk makassar , kominfo