Logo
Logo BBPSDMP Kominfo Makassar

BERITA Sebarkan :

Kepala Badan Litbang SDM Kemkominfo membuka pelatihan Women in Digital Entrepreneurship di Kabupaten Keerom Papua

13-04-2022 oleh Mukhlis Amin DJI 0050

Arso Keerom, Rabu, (13/04). Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kab. Keerom melaksanakan pelatihan digital entrepreneurship academy. Adapun kelas yang dibuka ada dua yaitu Pengelolaan Keuangan Digital dan Cerdas Menabung bagi ibu rumah tangga. Total peserta UMKM yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 136 orang yang terdiri dari 50 orang pada tema cerdas menabung bagi ibu rumah tangga dan sisanya pada tema pengelolaan keuang digital. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (Dua) hari yaitu Tanggal 13-14 April 2002 dan pelaksanaannya di adakan di Arso Grande Hotel di Keerom.

Pembukaan pelatihan digital entrepreneurship academy di Kabupaten Keerom dihadiri oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Keerom, Kepala BBPSDMP Kominfo Makassae Bapak R.M. Agung Harimurt, Bupati Kabupaten Keerom yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Bapak Lukas Saranga,S.Sos dan dihadiri secara virtual oleh Kepala Badan BBPSDMP Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bapak Dr. Hary Budiarto M.Kom,IPM sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini bersama dengan Bapak Lukas Saranga,S.Sos.

Bapak Lukas Saranga menegaskan bahwa pemerintah menyiapkan UKM agar mampu memanfaatkan teknologi digital dan masuk kedalam bisnis digital. Oleh karena itu Pemerintah Kota Keerom berkomitmen untuk mendorong pelaksanaan kegiatan Digital Entrepneurship Academy ini karena saat ini masyarakat sudah memasuki era digital yang semakin canggih sehingga diperlukan juga peningkatan kualitas penjualan digital dan pemasaran digital dengan melatih SDM yang ada di Kabupaten Keerom. Menurut Asisten I Bidang Pemerintahan, dengan meningkatnya kualitas SDM maka akan mendorong UKM lebih mampu menghadapi persaingan ekonomi dan tantangan, terutama di masa pandemi Covid 19. Kepala Badan BBPSDMP Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam sambutannya menjelaskan pentingnya pemanfaatan TIK dalam mendukung pengembangan UMKM. Selain itu, juga memberikan semangat dan dorongan bagi peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo untuk mengembangkan program pembangunan SDM bagi Industri UMKM, agar memiliki pengetahuan berwirausaha secara digital termasuk dalam mengelola keuangan. Fokus kegiatan pelatihan ini adalah pengembangan karakter wirausaha, ide dan produk bisnis untuk pewirausaha digital pemula. Pesertanya yang berjumlah 136 orang berasal dari desa-desa se-Kabupaten Keerom yang telah mendaftar melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM. Instruktur pelatihan ini adalah Bapak Aminuddin Hamdat dari Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Makassar dan Ibu Angie Cresentia V. Warwe dari Bos-P Manibobi Preneurs Jayapura (NFH).


Label: bbpsdmp, digitalent , dea , makasar , keerom , papua