Logo
Logo BBPSDMP Kominfo Makassar

BERITA Sebarkan :

Punya Keterbatasan Bukan Berarti Gaptek, Penyandang Disabilitas Kota Makassar Ikut Pelatihan Peningkatan Literasi TIK

02-08-2022 oleh Sri Ayu Ramadhani sampul j

Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Makassar melalui pelatihan galeri internet kembali menyapa masyarakat dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM dalam bidang TIK serta meningkatkan literasi digital masyarakat terhadap penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2022 bertempat di kantor BBPSDMP Kominfo Makassar di Jl. Prof. Abdurrahman Basalamah II No.25.

Hari pertama pelaksanaan pelatihan pada tanggal 1 Agustus 2022 yang dihadiri oleh 26 peserta penyandang disabilitas yang dikhususkan untuk orang dewasa dengan tema pelatihan sosial media marketing dan copywriting. Hari pertama pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar walaupun beberapa peserta pelatihan memiliki keterbatasan namun hal tersebut tidak mengurangi esensi dari pelatihan ini. Melalui pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengetahui bagaimana penggunaan sosial media serta penggunaan kata-kata yang menarik dalam sebuah promosi. Dalam sebuah promosi produk membutuhkan copywriting yang bagus agar bisa menarik minat dari calon pembeli yang awalnya tidak tertarik sama sekali menjadi penasaran dan ujungnya adalah membeli produk tersebut. Jadi, tujuan dari copywriting ini adalah untuk mendorong ketertarikan konsumen untuk membeli suatu produk. Oleh sebab itu copywriting adalah elemen yang penting di dalam dunia pemasaran terutama dalam melakukan promosi di sosial media.

Hari kedua pelaksanaan pelatihan pada tanggal 2 Agustus 2022 yang dihadiri oleh 26 peserta penyandang disabilitas yang dikhususkan untuk siswa-siswi SLB Negeri 1 Makassar dengan tema pengenalan komputer dan internet. Dalam pelaksanaan kegiatan ini para peserta didampangi oleh beberapa guru pendamping yang ikut serta dalam membantu kelancaran dari kegiatan pelatihan ini dikarenakan beberapa peserta membutuhkan pendampingan khusus, walaupun demikian pelaksanaan kegiatan ini tetap berjalan dengan lancar. Kemudian melalui pelatihan ini diharapkan peserta dapat menambah pengetahuan mengenai dasar-dasar komputer dan internet. Dimulai dengan pengenalan hardware pada komputer sampai dengan pengoperasian dari hardware komputer tersebut. Peserta juga diberikan materi terkait pendalaman penggunaan internet dan browser dalam pencarian informasi. Selanjutnya pendalaman materi yang diberikan diselingi dengan kuis dan permainan sehingga memberikan pengenalan komputer dan internet dengan metode yang tidak kaku dan seru bagi anak-anak sehingga diharapkan materi yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh peserta. (SW)


Label: bbpsdmp makassar, galeri internet , literasi digital , copywriting , marketing , disabilitas