Logo
Logo BBPSDMP Kominfo Makassar

BERITA Sebarkan :

Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI dan Kementerian PPN/BAPPENAS RI pada acara pembukaan DEA Kabupaten Merauke

19-08-2022 oleh Much. Akmal Jaya VideoCapture 20220824 064043

Hari Jum’at (19/08/22), Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, secara resmi digelar. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan 2 tema pelatihan, yaitu : Women in Digital Entrepreneurship (WiDE) dan Dasar-dasar Kewirausahaan Digital (DDKD). Pelatihan dengan tema WiDE di khususkan untuk Ibu Rumah Tangga, sedangkan tema DDKD dapat diikuti oleh UMKM secara umum.

Acara pembukaan turut dihadiri oleh Ibu Dra. Haryati M.I.Kom selaku Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo RI, Ibu Dewi Sri Sotijaningsih, SE, M.Si, selaku Koordinator Bidang Komunikasi Kementerian PPN/BAPPENAS RI, dan Bapak Yeremias Ndiken, selaku Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan yang kemudian membuka acara secara resmi.

Dalam sambutannya, Sekretaris Badan Litbang SDM Kominfo menyampaikan bahwa outcome dari pelatihan DEA adalah mendorong tumbuhnya ekonomi digital Indonesia, dengan beberapa target capaian utama, diantaranya menggerakkan ekonomi di dalam negeri, meningkatkan akses ke pelanggan baru, meningkatkan penjualan dan pendapatan, dan membuka akses baru ke pasar luar negeri. Sasaran DEA juga mencakup, terciptanya wirausaha digital baru, upskilling pewirausaha digital maju, dan pengembangan kewirausahaan digital di daerah yang inklusif.

Koordinator Bidang Komunikasi BAPPENAS juga memaparkan mengenai Pedoman Alur Perencanaan dan Penganggaran Negara yang salah satu implementasi program kegiatan yang telah ditetapkan dibidang non-infrastrukturnya adalah penyelenggaraan program Digital Talent Scholarship (DTS) oleh Kementerian Kominfo seperti yang diselenggarakan di Kabupaten Merauke sebagai bentuk transformasi digital yang merata di seluruh Indonesia.

Tabuhan tifa (gendang khas papua) oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Jumat (19/08) menjadi penanda bahwa kegiatan ini telah dibuka secara resmi. Selanjutnya, para peserta pelatihan yang terdiri dari UMKM dan Ibu Rumah Tangga, kemudian mengikuti pelatihan yang dipimpin oleh Instruktur yang berpangalaman dan ahli di bidangnya, yang kemudian ditutup pada Sabtu (20/08).

Dengan terlaksananya program DEA ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke berharap UMKM yang ada di Merauke bisa tumbuh dan mandiri dalam pengembangan usahanya terutama pada bidang kewirausahaan digital. Pemerintah Daerah juga berharap, semoga pelatihan sejenis ini tetap terlaksana di Kabupaten Merauke, sehingga terlahir talenta-talenta digital baru. Tidak hanya pada UMKM, namun juga dalam aspek lain untuk pemerataan pengembangan SDM dalam ruang lingkup yang lebih luas. (MAJ)


Label: papua, merauke , digitalent , ddkd , wide , dea , dts , bbpsdmpk makassar , kominfo