Logo
Logo BBPSDMP Kominfo Makassar

BERITA Sebarkan :

VSGA Batch 2 di Kota Kupang Secara Resmi Dibuka Hari Ini

26-07-2022 oleh Siti Fadila WhatsApp Image 2022 07 26 at 16 47 07 1 j

Kupang - Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar, Dr. RM. Agung Harimurti, M.Kom., menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara pembukaan kegiatan pelatihan Vocational School Graduate Academy Kota Kupang batch 2 dengan skema pelatihan yaitu Data Management Staff hari ini, 26 Juli 2022 di, Aston Hotel, Kota Kupang. Turut hadir dalam acara yaitu Kepala Bagian Umum BBPSDMP Kominfo Makassar, Djunaidy Aspan, instruktur pelatihan serta para peserta kegiatan pelatihan. Kegiatan Vocational School Graduate Academy merupakan salah satu akademi yang ada dalam program Digital Talent Scholarship yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo.

Dalam sambutannya, Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar mengatakan bahwa kegiatan pelatihan Vocational School Graduate Academy meliputi penyegaran materi oleh instruktur selama 3 hari dan dilanjutkan dengan ujian sertifikasi kompetensi selama 2 hari oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Teknologi Digital Yogyakarta. Dalam ujian sertifikasi ini yang diukur adalah skill atau kemampuan/kompetensi. Ada tiga elemen penilaian dalam sertifikasi kompetensi, yaitu keterampilan, pengetahuan, dan perilaku. “Tidak hanya kemampuan dan pengetahuan saja yang dinilai, tapi poin yang paling penting yaitu attitude. Perilaku itu menjadi salah satu unsur profesionalisme yang diukur. Apa gunanya dia pintar, apa gunanya dia menguasai berbagai macam tools dan aplikasi, kalau tidak punya attitude yang baik.” Pungkas Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar.

Di akhir acara, Ketua Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 06 Kota Kupang, S Syufyanto Minggele, S.Kom., juga memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan. “...Ini menjadi pengalaman menarik manakala anda mendapatkan ilmu seperti ini. Ada banyak kegiatan yang bisa disinkronkan dengan skill yang anda dapatkan hari ini. Ada banyak hal yang bisa anda gunakan dengan pengetahuan office, maka dari itu anda harus mengeksplor lebih banyak pengetahuan lagi dan menambahkan pengalaman.”

Kegiatan VSGA batch 2 kota Kupang ini akan dilaksanakan selama 5 hari ke depan, yang diikuti 95 peserta alumni SMK dan Diploma di Kota Kupang yang dibagi dalam 4 kelas dengan instruktur yaitu Herman, Yayat D. Hadiyat, Bahrawi, Rudy Hermayady, Mukhlis Amin, Nur Alam, dan Achmat Radil dari BBPSDMP Kominfo Makassar serta Darman Fauzan Dahir dari BRIN.(SF)


Label: kominfo, dts , digitalent , vsga , kupang