Logo
Logo BBPSDMP Kominfo Makassar

BERITA Sebarkan :

VSGA Kupang Angkatan Digelar: Kemampuan Digital Menjadi Hal yang Penting

19-07-2022 oleh Nur Fadillah Jufri WhatsApp Image 2022 07 19 at 13 25 48 j

Kupang - Di era ekonomi saat ini yang berbasis pengetahuan, daya saing dari suatu Negara berasal dari kemampuannya untuk menciptakan, memanfaatkan, dan mendistribusikan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan sumber daya manusia yang memiliki skill digital yang mumpuni agar bisa bersaing di era saat ini. Salah satu caranya dengan dilaksanakannya program pelatihan VSGA (Vocational School Graduate Academy) Angkatan 1 Kota Kupang yang bertempat di Hotel Aston, Kupang, Nusa Tenggara Timur pada hari Selasa. (19/07/2022)

Acara pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh Sekretaris Diskominfo Kota Kupang, Joseph Leonard Kale, Bahrawi sebagai Ketua Panitia VSGA Kota Kupang dan perwakilan dari BBPSDMP Kominfo Makassar selaku Tim Fasilitator Digital Talent Scholarship, Achmad Radil.

Dalam laporannya selaku ketua panitia, beliau menjelaskan bahwa kegiatan Vocational School Graduate Academy atau disingkat VSGA merupakan program pelatihan intensif berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan Pendidikan Vokasi yakni SMK, D3 dan D4 yang belum bekerja dan belum mendapatkan pekerjaan tetap.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa program VSGA ini akan dibagi ke dalam 2 angkatan yakni tanggal pada 19 - 23 Juli 2022, dan 25 - 29 Juli 2022 dan juga akan dilakukan proses sertifikasi yang akan diawasi oleh para asesor. Proses sertifikasi ini bertujuan untuk pemahaman dan pengetahuan para peserta terkait materi yang telah diajarkan oleh para instruktur.

"Pada angkatan 1 ini secara keseluruhan jumlah peserta sebanyak 95 orang dengan 1 skema yaitu Data Management Staff. Nantinya para peserta yang kompeten akan diberi 2 sertifikat, yaitu sertifikat telah mengikuti pelatihan dan sertfikat kompetensi yang akan didapatkan jika dinilai kompeten oleh para asesor yang berasal dari LSP", ungkapnya.

Kemudian kegiatan VSGA Angkatan 1 Kota Kupang secara resmi dibuka oleh perwakilan dari Dinas Kominfo Kota Kupang yaitu Joseph Leonard Kale, dalam sambutannya beliau berharap dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini peluang pemuda pemudi di Kupang untuk mampu bersaing dalam era digital semakin meningkat karena kemampuan digital merupakan salah satu hal yang terpenting untuk dimiliki oleh generasi muda. (NFJ)


Label: vsga, kupang , data management staff , digital skill