Logo
header bpsdmp sby

BERITA Sebarkan :

BPSDMP Kominfo Surabaya bersama Dinas Kominfo Pamekasan Resmi Buka Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI

09-03-2021 oleh Admin BPSDMP Kominfo Surabaya IMG 20210309 085724

#Pamekasan, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Surabaya, Selasa 9/3/2021 membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI bidang TIK bagi Angkatan Kerja Muda. Kegiatan yang dilaksanakan di FrontOne Hotel Pamekasan ini di dahului dengan pelaksanaan Kegiatan Rapid Test, Senin 8/3/2021, yang diikuti oleh sekitar 40 peserta angkatan kerja muda baru di wilayah Kabupaten Pamekasan dan Sumenep.

Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya Ibu Eka Handayani dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia saat ini mengalami permasalahan ketenagakerjaan terutama dalam hal skill gaps, dimana kebutuhan tenaga kerja ahli dalam biang teknologi masih belum tercukupi.

“Laporan World Bank Tahun 2016 bahwa saat ini Indonesia mengalami kekurangan tenaga kerja semi terampil sebesar 9 juta tahun 2015-2030, sementara di sisi lain Indonesia justru diproyeksikan menjadi Negara ekonom terbesar ke 7 tahun 2030., Ucapnya dihadapan peserta pelatihan. “

Kemenkominfo RI masih menurut Kepala BPSDMP-Kominfo Surabaya ini mempunyai program strategis lainnya seperti, Vocational School Graduate Academy (VSGA), Fresh Graduate Academy (FGA), Thematic Academy (TA), Digital Enterpreneurship Academy (DEA), Profesional Academy (PRO) dan Government Transformation Academy (GTA), informasi lengkapnya bisa dibuka di laman website digitalent.kominfo.go.id.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Pamekasan dalam sambutannya yang juga sekaligus membuka acara pelatihan dan jadi Narasumber kegiatan ini menekankan kepada peserta untuk benar benar dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik baiknya, karena pelatihan ini adalah Gratis untuk peserta sebagai angkatan kerja muda di wilayah Pamekasan dan Sumenep.
Dirinya juga memberikan mensosialisasikan terkait dengan Program dari Kemenkominfo RI yakni Program Digital Talent Scholarship (DTS) yaitu pelatihan intensif kepada ASN, pelaku industry, lulusan SMK/Diploma/Sarjana dengan tema tema yang menjadi inti pengembangan indsutri 4.0.

Muhamad, sapaan akrab kadiskominfo Pamekasan ini juga mengenalkan program program strategis Kabupaten Pamekasan yang salah satunya terkait dengan Program pembinaan dan penumbuhan 10.000 wira usaha baru dan calon wira usaha baru atau yang disebut dengan “sapu tangan biru” ini merupakan salah satu program kerja bupati pamekasan yang dilakukan secara bertahap.
Kadiskominfo juga sangat berharap bahwa melalui kegiatan pelatihan ini nantinya akan lahir talenta talenta Digital yang ada di Kabupaten Pamekasan dengan kemampuan yang mumpuni sesuia dengan bidang keahlian yang dipunyai.
Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi ini menyelenggarakan 2 skema meliputi, Manajemen Data dan Design Grafis tingkat dasar direncanakan selama 3 Hari pelatihan (9 hingga 11 Maret 2021), sedang Uji Sertifikasi Pada Hari Jumat dan Sabtu 12 dan 13 Maret 2021. Pelaksanaan Uji Sertifikasi dilaksanakan oleh LSP TIK (Lembaga Sertfikasi Profesi, Teknologi Informasi Komunikasi).

BPSDMP – KOMINFO Surabaya tidak tanggung tanggung bahwa Uji sertifikasi mendatangkan dari LSP TIK, dimana lembaga ini adalah yang telah memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sejak tahun 2007 (BNSP-LSP-018-ID) untuk melakukan proses pembuktian bahwa seorang tenaga kerja yang profesional benar-benar telah kompeten pada bidangnya. Sehingga tenaga profesional tersebut mendapatkan pengakuan atas Kompetensi Profesi yang dimilikinya baik secara Nasional maupun Internasional.
Pembuktian kompetensi yang dilakukan oleh LSP TIK Indonesia berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang merupakan rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Label: skkni, pelatihantik , sertifikasi , pamekasan