Gambar: 57 dokumentasi VSGA Balai 21 25 agustus j

  • Bagikan

Yogyakarta (21/08/2023) - Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) dibuka kembali dengan skema terbaru yaitu Penulis Naskah Program Siaran TV. VSGA dilaksanakan pada Senin (21/08) hingga Jumat (25/08) di ruang kelas Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta, JL. Imogiri Barat Km 5, Sewon, Kab. Bantul.

Kegiatan VSGA dibuka secara resmi oleh Kepala BPSDMP Kominfo Yogykarta, Christiany Juditha. Selain Kepala Balai, Pembukaan VSGA dihadiri oleh Person in Charge (PIC) VSGA, Eka Handayani, dan Para pengajar.

Program pelatihan sekaligus sertifikasi ini diikuti sebanyak 69 orang peserta dari angkatan kerja muda di Yogyakarta. Periode program pelatihan VSGA berlangsung selama lima hari. Tiga hari pelatihan dan dua hari uji kompetensi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi. Uji Kompetensi dilakukan guna mendapatkan sertifikat kompetensi berstandar nasional. Demi mendapatkan lulusan pelatihan yang kompeten, BPSDMP Kominfo Yogyakarta menghadirkan pengajar yang telah berpengalaman dan diyakini ahli pada bidangnya, yakni dari kalangan Dosen. Tiga Dosen dari STMM Yogyakarta yaitu Diyah Ayu Karunianingsih, Sudono dan Ari Mintarti M. Selain itu satu dari Universitas Atma Jaya, Lukas Deni Setiawan.

Kebermanfaatan VSGA telah dirasakan sejak pelatihan berlangsung

Salah satu peserta mengungkap bahwa program VSGA ini memiliki manfaat cukup besar bagi peningkatan pengetahuan dalam bidang terkait. “Program pelatihan VSGA sangat menarik terutama karena sesuai dengan minat saya pada penyiaran Televisi dan membantu saya untuk menambah pengetahuan lebih tentang pembuatan naskah” ujar salah satu peserta, Dyah Ayu Aprilia.

Program pelatihan VSGA dengan skema terbaru ini bertujuan untuk membantu para angkatan kerja muda dalam menambah pengetahuan yang sesuai minat dengan mengikuti dunia industri revolusi 4.0. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta juga memfasilitasi program VSGA dengan uji kompetensi guna sertifikasi berstandar nasional, dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Christiany Juditha, menuturkan harapannya saat membuka kegiatan VSGA. “Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan ilmu yang diberikan dapat berguna bagi para peserta”. selain itu Judhita juga menyampaikan bahwa melalui VSGA, peserta dapat memanfaatkan pengetahuan praktis yang didapat dan sertifikat kompetensinya dapat menambah nilai dalam mencari pekerjaan”, imbuhnya.


Label
skkni, vsga, sertifikasi, bnsp, vokasi, uji kompetensi,