Gambar: PIC VSGA membuka pelatihan VSGA JGD

  • Bagikan

Yogyakarta (31/7/2023), – Pelatihan VSGA (Vocational School Graduate Academy) Junior Graphic Designer kembali dibuka oleh BPSDMP Kominfo Yogyakarta. Kali ini salah satu akademi dari Digital Talent Scholarship (DTS) yang menyasar lulusan sekolah Vokasi dan kejuruan dilaksanakan di ruang kelas kantor BPSDMP Kominfo Yogyakarta, Jl. Imogiri Barat Km 5, Sewon, Kab. Bantul dimulai pada Senin (31/7) hingga Jumat (4/8). Hadir pada pembukaan kegiatan, PIC VSGA Eka Handayani, Taufik Setyawan dari PT. Git Solution dan Muhammad Misbahul Munir dari Amikom Yogyakarta.

VSGA memberi pelatihan dan sertifikasi untuk lulusan sekolah vokasi

VSGA bertujuan untuk mendukung angkatan kerja muda, yakni lulusan sekolah vokasi dan kejuruan, dalam menambah kemampuan teknis yang relevan dengan dunia kerja saat ini. Selain itu program VSGA juga dilengkapi dengan uji kompetensi guna sertifikasi berstandar nasional, dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). Sebanyak 35 peserta mengikuti pelatihan secara luring di ruang kelas yang dilengkapi dengan sarana penunjang, yakni perangkat computer.

PIC VSGA mengungkapkan bahwa pemilihan skema Junior Graphic Designer didasarkan pada banyaknya kebutuhan di dunia industri atas keahlian tersebut. “tidak dipungkiri ya, saat ini banyak sekali kebutuhan tenaga desain grafis, apalagi di era digital yang semuanya membutuhkan visual” ungkap Eka Handayani. Ia juga menginformasikan bahwa pendaftar skema ini melebihi kuota yang diterima, yakni lebih dari 80 pendaftar. “antusiame untuk skema JGD ini memang tinggi, sebenarnya kami pengennya diterima semua, ya. Tapi karena keterbatasan akhirnya kami menerima 35, sesuai target. Semoga nanti yang belum diterima, bisa mendapatkan kesempatan lagi”, imbuhnya.

Demi mendapatkan hasil lulusan pelatihan yang kompeten, BPSDMP Kominfo Yogyakarta menghadirkan pengajar yang diyakini memiliki keahlian di bidang desain grafis, yaitu Taufik Setyawan seorang CG Artist (generalis) dan M. Misbahul Munir, M.Kom seorang Multimedia Specialist serta dosen AMIKOM Yogyakarta. Tidak dipungkiri kedua pengajar ini telah memiliki banyak pengalaman di bidang Graphic Design sehingga dapat dilabeli sebagai profesional. Materi pelatihan terdiri dari dua bahan ajar, yakni teori dan praktik. Materi-materi ini tentunya disesuaikan dengan unit kompetensi yang akan diujikan.

Peserta memiliki motivasi mengasah kemampuan dan memperluas relasi.

Salah satu peserta mengakui motivasi mengikuti program pelatihan ini ialah untuk mengasah kemampuan dasain grafis serta memperluas relasi. “Saya ingin menambah skill saya pada graphic design, selain itu juga untuk memperluas relasi di pelatihan ini” ungkap Nurul Azizah, peserta pelatihan VSGA Junior Graphic Designer.

Periode program VSGA akan berlangsung selama lima hari. Adapun kegiatan terbagi menjadi dua, antara lain tiga hari pelatihan dan dua hari uji kompetensi. Sebagai penyelenggara pelatihan pengembangan SDM bidang digital, pihak BPSDMP Kominfo Yogyakarta tentunya memiliki harapan besar untuk peserta. Melalui program VSGA, peserta mampu memahami kebutuhan dunia kerja, meningkatkan kemampuan desain grafis yang sudah terstandar serta dapat dibuktikan dengan sertifikat kompetensi.

Mengingat bahwa seluruh program pengembangan SDM yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Balitbang SDM Kementerian Kominfo ini diberikan secara gratis, besar harapan masyarakat dapat memanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Seluruh informasi pelatihan dapat diakses melalui website digitalent.kominfo.go.id dan akun Instagram @bpsdmp.kominfo.yogya. (BPSDMPK Ygy/FNA)


Sisipan


Label
skkni, junior graphic designer, jgd, vsga, sertifikasi, bnsp, vokasi, uji kompetensi